Peduli Lansia, PAPDI Jaya Gelar Pemeriksaan Kesehatan dan Vaksinasi Influenza

Minggu, 28 Juli 2024 - 16:12 WIB
loading...
Peduli Lansia, PAPDI...
PAPDI Cabang Jakarta berkolaborasi dengan Dinkes Provinsi Jakarta dan Dinsos Jakarta menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi influenza untuk para lansia. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kesehatan merupakan kebutuhan dasar manusia yang melekat dalam kehidupan sehari-hari. Setiap gangguan kesehatan akan menurunkan kemampuan dan kenyamanan dalam beraktivitas sehari-hari.

Kelompok lanjut usia (lansia) kebanyakan sudah memiliki hendaya penurunan fungsi tubuh serta daya tahan terhadap penyakit. Kerentaan (frailty) juga menyebabkan penurunan aktivitas fisik pada lansia.



Atas dasar itu, Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam (PAPDI) Cabang Jakarta berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi influenza untuk para lanjut usia di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 3, Cilandak, Jakarta Selatan.

Ketua Panitia Pelaksana Bakti Sosial, dr Agasjtya Wisjnu, SpPD, FINASIM mengatakan, Dokter Spesialis Penyakit selalu memberikan perhatian khusus kepada para lansia untuk tetap sehat, bugar, dan beraktivitas dengan optimal. Kegiatan ini rutin dilakukan sebagai bentuk perwujudan dan pengembangan Ilmu Penyakit Dalam Sosial.

“Dokter Spesialis Penyakit Dalam tidak hanya duduk di kursi praktik, di dalam gedung bertingkat, di klinik atau rumah sakit, namun juga aktif terjun langsung ke masyarakat seperti yang kami lakukan pada hari ini,” ujarnya, Minggu (28/7/2024).

Kepala Bagian Tata Usaha Panti Sosial Werdha Budi Mulia 3, Khomsiatun mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh PAPDI Cabang Jakarta untuk memberikan pelayanan kesehatan yang komprehensif kepada masyarakat, terutama para lansia. Saat ini ada 4 Panti Werdha yang tersebar di DKI Jakarta yang dihuni oleh para lansia baik mandiri, semi-mandiri, dan maupun yang hanya dapat beraktivitas di tempat tidur saja.

“Khusus Panti Werdha Budi Mulia, saat ini ada lebih dari 350 orang dengan berbagai kegiatan yang diadakan setiap hari, baik bimbingan rohani, olahraga, dan rekreasi,” paparnya.

Kepala Seksi Tenaga Kesehatan Dinas Kesehatan, dr Aliyah Cendanasari mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada PAPDI Cabang Jakarta yang telah menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi dengan baik dan terorganisir dengan baik. “Semoga kolaborasi yang baik antara PAPDI Cabang DKI Jakarta, dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta akan semakin baik di kemudian hari,” tutur dia.

Plt Ketua PAPDI Cabang Jakarta, Dr. dr. Edy Rizal Wahyudi, SpPD, K-Ger mengatakan kegiatan bakti sosial ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi yang baik antara PAPDI Cabang DKI Jakarta dengan PT Kalventis Sinergi Farma dalam hal ini produsen vaksin influenza yang sudah banyak digunakan di masyarakat. Ke depan, PAPDI akan terus mengusahakan agar lansia khususnya di DKI Jakarta tetap sehat dan bugar, dengan terus bermitra dengan perusahaan besar yang memiliki minat dan perhatian khusus kepada kesehatan lansia, dengan menyelenggarakan kegiatan serupa.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1908 seconds (0.1#10.140)