Resmikan Aula Trisakti Bung Karno di Tangerang, PDIP Lestarikan Seni dan Budaya

Minggu, 30 Oktober 2022 - 09:38 WIB
loading...
Resmikan Aula Trisakti Bung Karno di Tangerang, PDIP Lestarikan Seni dan Budaya
Padepokan Budaya Mbangun Karso sebagai tempat berkreasi para seniman wong cilik. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Padepokan Budaya Mbangun Karso sebagai tempat berkreasi para seniman wong cilik. Padepokan Budaya Mbangun Karso merupakan lembaga sosial budaya di bawah naungan Yayasan Sosial Budaya Mbangun Karso bertempat di Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang .

“Padepokan Budaya Mbangun Karso ini adalah tempat berkreasi dan berekspresi wong cilik dalam berkarya seni dan budaya,” kata Kepala Badan Kebudayaan Nasional Partai Demokrasi Indonesia (BKN PDIP) Aria Bima dalam acara Ruwatan Budaya dan Pelantikan Pengurus Padepokan Budaya Mbangun Karso sekaligus Peresmian Kembali Aula Trisakti Bung Karno seperti dikutip dalam keterangan, Minggu (30/10/2022).

Dia berharap, produk kesenian Padepokan Budaya Mbangun Karso bukan saja populer pada lingkup Banten tapi juga bisa menasional bahkan mendunia. Aria Bima juga menyampaikan apresiasi atas semangat seluruh pengurus dan anggota padepokan dalam melestarikan budaya bangsa.

Menurut dia, budaya bangsa Indonesia merupakan jati diri sebagai bangsa yang multikultur dan juga bangsa yang besar. Oleh karena itu jangan sampai budaya bangsa Indonesia diklaim atau punah.

“Mari terus jaga budaya bangsa kita, rawat, dan lestarikan. Karena jati diri kita berada di ragam budaya yang bangsa kita miliki,” ujarnya.

Aria Bima menyatakan, PDIP merupakan partai yang berusaha untuk terus melestarikan budaya bangsa. Sehingga PDIP akan terus mendukung dan mensupport Padepokan Budaya Mbangun Karso.

“Padepokan ini sebagai wadah untuk melestarikan budaya bangsa dari semua suku dan etnis di Indonesia,” katanya.

Pengasuh Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis Ananta Wahana menuturkan, Padepokan yang didirikan sejak 13 tahun lalu itu awalnya merupakan pusat pelatihan Cipayung plus. Saat ini, kata dia berkembang menjadi Padepokan Kebangsaan yang didalamnya juga terdapat lembaga pendidikan berkelas internasional.

Menurut Anggota DPR RI Dapil Banten ini, kegiatan tersebut juga digelar untuk membangkitkan kembali dunia seni budaya yang sempat terpuruk karena pandemi Covid-19.

“Mudah-mudahan melalui kegiatan ini kondisi para pelaku seni budaya nasional dapat kembali bangkit untuk menghibur masyarakat. Karena dengan begitu kehidupan ekonomi mereka akan membaik pula,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1800 seconds (0.1#10.140)