Ganti Tilang Manual, Polda Metro Luncurkan 10 Unit Kendaraan ETLE Mobile

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 16:27 WIB
loading...
Ganti Tilang Manual, Polda Metro Luncurkan 10 Unit Kendaraan ETLE Mobile
Polda Metro Jaya akan menggantikan tilang manual dengan memaksimalkan ETLE di Jakarta. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo instruksikan peniadaan tilang manual. Sebagai gantinya Polda Metro Jaya akan luncurkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman mengatakan ETLE Mobile dirancang untuk melengkapi jalan yang tidak tercover ETLE statis. Pihaknya sudah menyiapkan 10 unit kendaraan ETLE mobile yang nantinya akan diluncurkan pada 6 Desember 2022.

“Di Mapolda juga kita siapkan, sehingga seluruh jalan yang ada di Jakarta ini sudah tercover oleh ETLE Mobile, kecuali 57 ETLE statis. Jadi jalan-jalan yang belum dicover ETLE statis dicover oleh ETLE mobile,” kata Latif di Polda Metro Jaya, Jumat (28/10/2022).

Kombes Latif juga menjelaskan, kendaraan ETLE mobile tersebut akan bisa mengcapture beberapa pelanggaran yang sudah dilengkapi dengan Artificial Intelligence (AI).

“Kendaraan ini mampu berkecepatan 05 -40Km/jam dapat mengcapture pelanggaran, karena ETLE Mobile ini sudah dilengkapi dengan AI, Jadi pelanggaran yang sudah dilenggapi AI, tidak menggunakan helm, sabuk pengaman penggunakan hp, melawan arus, rambu lalu lintas, bonceng 3 dan ganjil genap,” jelasnya.

Kombes Latif pun menegaskan, justru dengan adanya ETLE mobile ini bisa memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya keselamatan berkendara dan bukan untuk ingin banyak menilang masyarakat.

“Kita berikan informasi ke masyarakat, edukasi masyarakat, bukan dengan adanya ETLE statis, ETLE mobile kami ingin banyak menilang itu tidak, tapi mari kita beraktifitas, produktifitas tanpa mengganggu keselamatan orang lain dan diri sendiri,” jelasnya.



Latif juga mengungkapkan, untuk saat ini Polda Metro Jaya baru akan menghadirkan 10 unit kendaraan ETLE mobile, dan gak menutup kemungkinan untuk patroli sepeda motor, petugas Polantas akan dibekali dengan kamera.

“Kalau kita menggunakan ETLE Mobile (roda empat), kalau saya menggunakan seperti di Jawa Timur, sudah ada alatnya. Nanti yang itu (patroli motor) adalah anggota kita lengkapi dengan kamera,” pungkasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)