Resmikan TPS3R, Ridwan Kamil Minta Masalah Sampah Bekasi Tak Lagi Viral

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 03:00 WIB
loading...
Resmikan TPS3R, Ridwan Kamil Minta Masalah Sampah Bekasi Tak Lagi Viral
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan resmikan TPS3R di Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi. Foto/Istimewa
A A A
BEKASI - Pemkab Bekasi baru saja meresmikan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) di Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jumat (21/10/2022).

TPS3R tersebut dibangun Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) sebagai bentuk corporate social responsibility (CSR) dari perusahaan kepada warga di Kabupaten Bekasi. Baca juga: Jadi Viral, Pembuang Sampah di Aliran Kalimalang Bekasi Serahkan Diri

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjelaskan keberadaan TPS3R di Kabupaten Bekasi akan sangat membantu pemerintah daerah untuk mengatasi permasalahan sampah yang kerplap viral di media sosial.

”Ini menandakan Kabupaten Bekasi naik kelas, khususnya di Desa Wanajaya yang istimewa. Ini akan kami duplikasi di seluruh wilayah Jawa Barat dan seluruh wilayah Bekasi, sehingga tidak ada viral lagi ya dari Bekasi,” kata Ridwan, Jumat (21/10/2022).

Ia juga berharap agar kabupaten/kota lainnya bisa mencontoh Pemkab Bekasi yang berhasil merangkul pihak swasta untuk membenahi wilayah, khususnya di wilayah Kabupaten Bekasi.

”Saya kira itu, kita jadikan Kabupaten Bekasi di bawah kepemimpinan Pak Dani ini, sebagai percontohan, kabupaten yang peduli lingkungannya tidak tanggung-tanggung,” ujarnya. Baca juga: 40 Armada Truk Sampah Bekasi Tak Layak Beroperasi

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan, dalam sehari, masyarakat di Kabupaten Bekasi menghasilkan sampah sebanyak 2.600 ton per hari. Sedangkan yang bisa dilayani oleh TPA Burangkeng hanya sebesar 600 ton per hari saja.

Alhasil, terdapat banyak TPS liar yang bermunculan. Oleh sebab itu, ia menginginkan setiap desa memiliki bank sampah agar bisa dikelola dan bernilai ekonomis, seperti yang akan dilakukan di TPS3R.



”Memang karena keterbatasan armada, yang bisa dilayani hajya sedikit saja. Oleh sebab itu peran masyarakat dan perusahaan sangat penting untuk bersama-sama menjaga lingkungan di Kabupaten Bekasi,” kata Dani.

Di sisi lain, Mr. Choi Presiden Director (Presdir) Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) menjelaskan dibuatnya TPS3R merupakan bagian dari komitmen pihaknya dalam rangka berperan serta untuk menjaga lingkungan.
(ams)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1983 seconds (11.97#12.26)