Proses Pencarian 3 Korban Tertimbun Longsor di Bogor Dilanjutkan Pagi Ini

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 05:19 WIB
loading...
Proses Pencarian 3 Korban Tertimbun Longsor di Bogor Dilanjutkan Pagi Ini
Proses pencarian tiga korban tertimbun longsor di Gang Barjo, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor dilanjutkan pada Jumat (14/10/2022) pagi. Foto: MPI/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
BOGOR - Proses pencarian tiga korban tertimbun longsor di Gang Barjo, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor dilanjutkan pada Jumat (14/10/2022) pagi. Proses pencarian dihentikan sementara pada Kamis (13/10/2022) malam.

"Untuk malam ini kita istirahat dulu nanti kita evaluasi karena kita perlu masukan juga nanti kita lihat perkembangannya dari hasil evaluasi," kata Kasi Ops Basarnas Jakarta Agung Priambodo kepada wartawan di lokasi, Kamis (13/10/2022).

Dia mengungkapkan petugas sudah mulai mencurigai keberadaan korban tertimbun berdasarkan adanya bau yang mulai tericum di sekitar lokasi. Korban diperkirakan tertimbun dengan kedalaman 2-3 meter.





"Tadi kita terus gali sampai benar-benar bau itu mendekati dan lebih tajam. Ini ada lonsoran dari atas, longsoran tanah yang menimbun rumah itu kedalamam 2-3 meter timbunan," tuturnya.

Timbunan longsor, alat berat yang tidak bisa masuk ke lokasi karena akses jalan kecil menjadi kendala petugas mencari korban. "Dan terdapat bahan material cukup banyak dan dibutuhkan tenaga ektra dan peralatan yang mendukung membuka akses atau puing," katanya.

Tim SAR gabungan sempat menerjunkan anjing pelacak K9 di lokasi. “Berdasarkan dari anjing pelacak tersebut ada dua titik area yang dicurigai, yang satu titik area tersebut memang yang kita curigai juga tapi hari ini kita masih fokus satu titik area yang dekat bangunan kemungkinan esok hari 2 titik itu kita maksimalkan," imbuhnya.

Berdasarkan keterangan warga, dia membeberkan bahwa dua titik itu merupakan area kamar dan dapur. Pagi ini, pencarian bakal difokuskan pada dua titik tersebut.

"Kalau dari keterangan warga kedua titik itu terdapat dulunya kamar dan dapur, dan informasi yang ada (korban) ada di kamar dan dapur," pungkasnya.

Sekadar diketahui, tebingan setinggi 20 meter di Gang Barjo, Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor longsor pada Rabu 12 Oktober 2022. Delapan orang tertimbun. Dari jumlah tersebut, 4 orang ditemukan dalam kondisi selamat, 1 orang meninggal dunia, dan 3 orang masih tertimbun.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1270 seconds (0.1#10.140)