Resmikan Taman Makam Tokoh Bangsa, Anies: Peziarah Bisa Bikin Diskusi

Kamis, 13 Oktober 2022 - 12:08 WIB
loading...
Resmikan Taman Makam Tokoh Bangsa, Anies: Peziarah Bisa Bikin Diskusi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Taman Makam Tokoh Bangsa yang terletak di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Jakarta Pusat. Foto: MPI/Bachtiar Rojab
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Taman Makam Tokoh Bangsa yang terletak di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak , Jakarta Pusat. Taman makam bangsa ini bisa digunakan untuk tempat diskusi bagi peziarah seusai ke makam para tokoh bangsa.

Anies mengatakan, TPU Karet Bivak diisi dari berbagai tokoh bangsa seperti politikus, negarawan, sastrawan hingga bintang film. Ini, kata Anies, bisa dijadikan tempat alternatif muda-mudi yang kerap berdiskusi mengenai sejarah tokoh nasional.

"Nah bagi mereka yang ziarah, untuk ziarah ke makam para tokoh sesudah ziarah bisa bikin diskusi," ujar Anies di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, Kamis (13/10/2022).

Anies mencotohkan, terdapat salah satu tokoh pendiri Tentara Nasional Angkatan Udara (TNI AU) yakni Surya Dharma yang kerap diziarahi oleh para prajurit TNI AU. Kini, kata Anies, mereka bisa menggelar acara seusai berziarah di Taman Makam Bangsa.

"Misalnya kalau peringatan Hari Angkatan Udara, teman-teman Angkatan Udara selalu mengadakan di makamnya Pak Surya Dharma, nah di bawah ada ruang pertemuan, maka mereka bisa mendiskusikan di situ," tuturnya.

Di sini, kata Anies, ada fungsinya selain untuk pemakaman. Karena, kata dia, ada galeri dan museum yang bisa menambah wawasan.

"Jadi ini ada galerinya, ada multifungsinya, dan harapannya memberikan kepada Jakarta kekayaan budaya," sambungnya.



Terlebih, kata Anies, Jakarta banyak dihiasi oleh tokoh nasional dalam pergerakan bangsa Indonesia. Sehingga, bangunan inilah yang menjadi salah satu pengingat bagi mereka yang telah banyak berkontribusi bagi bangsa dan negara.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah meresmikan Taman Makam Tokoh Bangsa, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Jakarta Pusat, Kamis (13/10/2022). Menurut Anies, peresmian tersebut adalah bagian dari mengenang tokoh bangsa yang ada di Jakarta.

Dalam pantauan MNC Portal di lokasi, Taman Makam Tokoh Bangsa ini merupakan galeri yang turut menampilkan foto, catatan serta profil singkat dari 15 tokoh bangsa yang telah tercatat.

Ke-15 tokoh ini, adalah mereka yang dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat. Beberapa dari mereka, yakni Mantan Ibu Negara Fatmawati, Sastrawan Firman Muntaco, Purnawirawan Jenderal TNI Chaerul Saleh, Benyamin Sueb, Pramoedya Ananta Toer, hingga pemain sepak bola Iswadi Idris.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1809 seconds (0.1#10.140)