Berdayakan Masyarakat Jakarta, Baznas Bazis DKI Manfaatkan Masjid dan Lingkungan

Senin, 10 Oktober 2022 - 18:01 WIB
loading...
Berdayakan Masyarakat Jakarta, Baznas Bazis DKI Manfaatkan Masjid dan Lingkungan
Baznas Bazis DKI Jakarta menggelar program Baznas Bazis kuliner halal di samping Masjid Jami Matraman, Menteng, Jakarta Pusat.Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Baznas Bazis DKI Jakarta menggelar program Baznas Bazis kuliner halal di samping Masjid Jami Matraman, Menteng, Jakarta Pusat. Bazar kuliner halal Baznas Bazis adalah program yang terkait dengan pemberdayaan ekonomi umat.

Ketua Baznas Bazis DKI Jakarta, Achmad Abubakar mengatakan, kawasan bazar kuliner halal binaan Baznas Bazis DKI Jakarta termasuk program JAK B Berdaya yang diminati masyarakat. Pada akhir pekan lalu, kawasan bazar kuliner ini dibanjiri warga yang hendak bersantap sarapan pagi hingga makan siang.

"Terkait program Bazaar kuliner di Matraman ini merupakan program pemberdayaan umat yang baru dilaksanakan pada tahun 2022," kata Achmad Abubakar dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/10/2022).

Abubakar menuturkan, bazar kuliner halal ini berupa revitalisasi kawasan pedagang kaki lima (PKL) yang telah ada namun belum terkonsep secara baik dan dikemas menjadi usaha yang visiable dan menarik bagi pengunjung.

"Konsep terhadap BKB Matraman ini adalah menjadi kawasan destinasi wisata kuliner halal serta higienis yang terintegrasi dengan masjid," tuturnya. Baca: Bantu Penyandang Disabilitas, Anies Baswedan Resmikan Pesantren Tahfiz Difabel Bazis

Dia melanjutkan, menyatunya halaman masjid dengan bazar ini sebagai upaya mengintegrasikan antara kegiatan masjid dan pemberdayaan umat. Sehingga masjid dapat berperan dalam pembinaan keagamaan para pedagang, dan para pedagang pun diberikan peran berkontribusi dalam memakmurkan masjid.

"Untuk memastikan makanan di BKB halal, Baznas Bazis telah bekerja sama dengan BPPOM MUI memberikan pelatihan kepada pedagang dan terus dilakukan pengawasan," ujar.

Selanjutnya terkait kebersihan dan kesehatan makanan Baznas Bazis telah bekerja sama dengan APKEPI (Asosiasi Profesi Keamanan Pangan Indonesia) berupa pelatihan, pembinaan dan pengawasan.

Bazar kuliner halal ini telah disiapkan 32 kios baru dengan konsep ramah lingkungan dan artistik, sehingga para pedagang dapat dengan nyaman menempati kios tersebut.

Selanjutnya kepada warga DKI Jakarta yang ingin menikmati kuliner halal, bersih dan sehat, serta ingin wisata rohani dengan mengunjungi masjid yang bersejarah, BTB Matraman dapat menjadi pilihan yang tepat dan merupakan kawasan halal pertama di Jakarta.

Lahirnya program Baznas Bazis kuliner halal yang berada di samping Masjid Jami Matraman Menteng, Jakarta Pusat, sebagai upaya dalam berinovasi dan memberikan multi efek dalam penyaluran zakat dan infak yang telah diamanatkan kepada Baznas Bazis DKI Jakarta.

"Semoga bazar kuliner Baznas Bazis Matraman memberikan manfaat besar, serta program BKB ini menjadi model pemberdayaan ekonomi umat dan pengembangan kawasan halal yang berbasis masjid ke depan," tuturnya.

Abubakar menjelaskan, selama tahun 2022 program pemberdayaan ekonomi yang telah dilaksanakan Baznas Bazis DKI Jakarta meliputi bantuan permodalan sebanyak 228 warung mitra program semua bisa makan, serta penambahan program coffe difabis sebanyak 2 outlet dengan total bantuan sebanyak Rp3.814.948.500.

"Program-program tersebut telah berjalan dengan baik, dan sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," ucapnya.
(hab)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2284 seconds (10.55#12.26)