Pj Gubernur DKI Harus Lanjutkan Program Anies di RPD Tahun 2023-2026

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 10:42 WIB
loading...
Pj Gubernur DKI Harus Lanjutkan Program Anies di RPD Tahun 2023-2026
Jakarta Initiative menggelar diskusi terbatas dengan sejumlah anggota DPRD DKI membahas hasil keputusan DPRD perihal Pj Gubernur DKI.Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Jakarta Initiative menggelar diskusi terbatas dengan sejumlah anggota DPRD DKI Jakarta di salah satu kafe Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat. Diskusi ini membahas hasil keputusan DPRD perihal Pj Gubernur DKI Jakarta .

Sejumlah anggota DPRD yang hadir dalam diskusi yakni, Sekretaris Komisi D DPRD DKI Jakarta, Syarif, Anggota Komisi B, Gilbert Simanjuntak, dan Anggota Komisi A, Chotibi Akhyar.

Inisiator Jakarta Initiative, Gea Hermansyah mengatakan, DPRD DKI telah mengusulkan tiga nama calon Pj Gubernur DKI ke Kemendagri. Namun, tidak tertutup kemungkinan jika Presiden Jokowi menunjuk nama di luar ketiga orang yang telah disepakati DPRD.

"Kita ingin mengetahui bagaimana sikap DPRD jika dari nama-nama itu tidak dipilih Presiden Jokowi sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta," katanya pada Kamis (6/10/2022).

Gea menilai, dari ketiga sosok yang sudah diusulkan, Heru Budi Hartono yang saat ini menjabat sebagai Kepala Sekretariat Kepresiden merupakan figur yang sangat tepat untuk menjabat Pj Gubernur.

"Beliau merupakan mantan birokrat DKI yang saya yakini sangat memahami permasalahan di Jakarta. Kelebihan lainnya Heru pasti bisa menjalin komunikasi yang baik dengan pemerintah pusat maupun DPRD DKI Jakarta," ujarnya.

Dia menuturkan, jika Marullah Matali dipilih maka akan ada konsekuensi untuk memilih Sekda baru yang prosesnya juga tidak sebentar.
Sekretaris Komisi D DPRD DKI Jakarta, Syarif menuturkan, Pj Gubernur harus bisa melanjutkan program Gubernur sebelumnya yang sudah tertuang dalam Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Tahun 2023-2026.

"Saya berharap Pj Gubernur yang dipilih Pak Jokowi juga sesuai dengan harapan kami di DPRD dan warga Jakarta. Prinsipnya, siapa pun yang terpilih kami siap mendukung dan bekerja sama," tuturnya.

Sementara itu, anggota DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak menginginkan agar Presiden Jokowi juga bisa mempertimbangkan kaum perempuan untuk menjadi Pj Gubernur. "Presiden yang akan menentukan Pj Gubernur. Bukan tidak mungkin itu di luar nama-nama yang sudah beredar saat ini," ucapnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1931 seconds (0.1#10.140)