Dapat Pelatihan dari Bara Foundation, Pelaku UMKM di Jakarta Lebih Melek Soal Digital

Minggu, 02 Oktober 2022 - 06:36 WIB
loading...
Dapat Pelatihan dari Bara Foundation, Pelaku UMKM di Jakarta Lebih Melek Soal Digital
Bara Foundation telah mengadakan program pelatihan kepada pelaku UMKM di Jakarta dengan cakupan wilayah di 35 Kelurahan dan 754 partisipan. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Sejak Juni 2022, Bara Foundation telah mengadakan program pelatihan kepada pelaku UMKM di Jakarta dengan cakupan wilayah di 35 Kelurahan dan 754 partisipan. Diawali dengan sosialisasi kepada pelaku UMKM dan menceritakan pentingnya industri UMKM untuk masuk ke dunia digital .

Agenda sosialisasi dan pelatihan yang dikemas dalam acara Bootcamp ini telah mendapatkan respons positif dari pelaku UMKM yang mempunyai berbagai latar belakang usaha. Baca juga: Transaksi Digital Bantu Pelaku UMKM Pulihkan Perekonomian

“Dapat dikatakan bahwa peserta kami masih belum bisa 100% pulih usahanya pascapandemi Covid-19 yang telah terjadi sejak pertengahan tahun 2019 lalu. Karena sejak wabah Covid-19 yang melanda Indonesia bahkan dunia, aktivitas ekonomi sempat terhenti bahkan mengakibatkan banyak pelaku UMKM yang sudah gulung tikar,” ujar Founder Bara Foundation Rafif Muhammad Rizqullah kepada media, Sabtu 1 Oktober 2022.

Dia mengatakan, pelatihan UMKM sudah berjalan sejak bulan Juni hingga Agustus merupakan salah satu sarana yang disediakan oleh Bara Foundation untuk mengakomodir para peserta UMKM.

“Yang berkeinginan untuk mengaktualisasi personal dan usaha mereka, agar mampu bersaing secara kompetitif kepada UMKM lainnya, dan memiliki pemahaman terkait pemasaran digital,” tambah Rafif.

Sambung dia, dalam periode Juni sampai Agustus sudah terdapat 93 peserta pelatihan yang telah menyelesaikan rangkaian pelatihan dengan berbagai materi, di antaranya, literasi keuangan, digital marketing, inovasi bisnis, dan beberapa materi lainnya.

Rafif juga menjelaskan, peserta UMKM yang telah mengikuti program pelatihan, akan mengikuti program pendampingan oleh tim Bara Foundation.

“Dalam proses pendampingan ini para UMKM diharapkan dapat mengimplementasikan seluruh materi pelatihan ke dalam lini usahanya dengan harapan usaha mereka dapat bersaing dan tetap berkembang dengan menggunakan sistem digital. Pendampingan yang diterapkan oleh Bara Foundation memiliki agenda aktivasi, seperti kunjungan, tracking usaha, townhall dan juga rumusan perencanaan jangka panjang,” tuturnya.

Pelatihan ini, kata dia, wujud nyata dari Bara Foundation untuk masyarakat khususnya pelaku UMKM agar tetap optimistis dan bangkit pascapandemi Covid-19. Hal itu dengan memanfaatkan pasar digital yang sangat potensial di masa mendatang.

Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1138 seconds (10.55#12.26)