Perluas Lapangan Kerja, Cawalkot Bogor Rena Da Frina Jadikan UMKM Prioritas

Kamis, 17 Oktober 2024 - 10:10 WIB
loading...
Perluas Lapangan Kerja,...
Calon Wali Kota Bogor (Cawalkot) Rena Da Frina memastikan memberi tempat prioritas dalam pertumbuhan UMKM agar ikut memberdayakan warga. Foto/Istimewa
A A A
BOGOR - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah ( UMKM ) merupakan potensi strategis dalam pembukaan lapangan kerja sekaligus mendongkrak nilai ekonomi daerah. Menyadari manfaat besar industri kreatif itu, Calon Wali Kota Bogor (Cawalkot) Rena Da Frina memastikan memberi tempat prioritas dalam pertumbuhan UMKM agar ikut memberdayakan warga.

Rena menyebut, upaya keberpihakannya pada UMKM dengan memfasilitasi kredit usaha mencapai Rp10 juta tanpa agunan kepada 4.000 pelaku usahanya di Kota Bogor. "Geliat usaha rakyat yang berkembang di Kota Bogor harus diberikan kemudahan, salah satunya fasilitas kredit tanpa agunan. Majunya UMKM ikut andil menekan angka pengangguran di Kota Bogor," ujar Rena, Rabu (16/10/2024).

Rena mengungkapkan, banyak aspirasi diterimanya dari pelaku UMKM bahwa mereka terkendala modal dan saat pengajuan pinjaman keuangan juga terbentur jaminan. "Masa ada peluang lapangan kerja baru harus diacuhkan? Akhirnya menambah masalah meningkatnya jumlah pengangguran di Kota Bogor. Maka itu saya ingin memudahkan proses pinjaman modal UMKM hingga Rp10 juta supaya ketersediaan kerja di Kota Bogor bergeliat," ucap Rena.





Kemudian, lanjut Rena, upaya kedua dengan menyiapkan Rumah UMKM di setiap kecamatan. Tujuannya, agar pelaku UMKM tak lagi bingung dengan tempat memamerkan barang produksinya.

"Biasanya jadi problematika juga mengenai lokasi pemasaran hasil produksi UMKM. Apalagi jika ada tempat tetapi dibebankan biaya sewa. Pasti membuat pelaku UMKM keberatan," imbuh Rena.

Oleh sebab itu, kata Rena, dengan keberadaan Rumah UMKM pada setiap kecamatan Kota Bogor dapat mengakomodir keinginan pelaku usaha mengenai jarak lokasi terjangkau guna menjual barang produksi tanpa biaya sewa.

Terakhir, Rena mengemukakan, siap menghadirkan Pasar Weungi di Kota Bogor sebagai ajang festival malam yang memamerkan berbagai produk UMKM khas Kota Bogor. Dalam Pasar Weungi nantinya hanya menjajakan produk UMKM sehingga berdampak mengerek pertumbuhan ekonomi lokal serta munculnya lapangan kerja untuk warga.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0834 seconds (0.1#10.140)