3 Polwan Pernah Dinas di Polres Jakarta Barat, Nomor 2 Jadi Kapolsek Pertama

Jum'at, 30 September 2022 - 16:16 WIB
loading...
3 Polwan Pernah Dinas di Polres Jakarta Barat, Nomor 2 Jadi Kapolsek Pertama
Sedikitnya ada tiga polwan yang pernah dinas di Polres Jakarta Barat. Foto DOK Humas Polri
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tiga polwan yang pernah dinas di Polres Jakarta Barat . Salah satu di antaranya sempat menjabat sebagai Kapolsek .

Polres Metro Jakarta Barat merupakan satuan pelaksana tugas Polri yang berada di wilayah Jakarta Barat. Satuan ini dipimpin oleh Komisaris Besar Polisi yang bertanggung jawab langsung kepada Kapolda Metro Jaya.

Baca juga : Polwan Gunakan Jilbab, Begini Peraturan Pemakaiannya

Dari jajaran anggota kepolisian Polres Jakarta Barat yang dipimpin oleh Kombes Pasma Royce saat ini, tak luput dari keberadaan polwan di dalamnya. Bahkan tak sedikit polwan yang menjabat di posisi sentral. Mengingat kebijakan kesetaraan gender yang diusung oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran.

Berikut tiga Polwan yang pernah dinas di Polres Jakarta Barat :

1. Aiptu Resiani Sagita

Dilansir dari mc-restrojakbar.com, Aiptu Resiani Sagita tercatat sebagai polwan satu satunya yang menjabat sebagai Bhabinkamtibmas di wilayah hukum Polres Metro Jakarta Barat.

Polisi wanita ini merupakan lulusan Bintara sepolwan Ciputat tahun 1993. Setelah lulus pendidikan memulai dinas pertamanya di Sabhara Polda Metro Jaya selama 11 tahun.

Ini bukan kali pertamanya bertugas di wilayah Jakarta Barat karena sebelumnya wanita yang akrab di panggil Ressy ini sempat bertugas di Polsek Kalideres pada 2010 sebagai anggota Busser.

Sementara tanggung jawab yang kini diemban sebagai Bhabinkamtibmas ialah untuk menjadi menjadi penengah ketika masyarakat menghadapi perselisihan.

Baca juga : 4 Jenderal Polwan di Mabes Polri, Nomor 3 Bukan Jebolan Akpol Pernah Jadi Ketua Polwan Dunia

2. Kompol Rosana Albertina

Kompol Rosana Albertina Labobar merupakan Polwan pertama di lingkungan Polres Metro Jakarta Barat yang menjabat kepala Polsek Tanjung Duren. Jabatan ini diemban pada tanggal 19 April 2021 lalu.

Wanita berdarah Ambon ini juga menjadi satu-satunya Polwan yang terlibat dalam pengungkapan kasus penyelundupan 1 ton sabu di Anyer, Banten.

Berkat prestasinya Polwan lulusan Akpol 2007 ini mendapat apresiasi berupa kenaikan pangkat luar biasa pada tahun 2017 menjadi Komisaris Polisi.

Selain memiliki prestasi membongkar kasus besar, Kompol Rosana juga sempat mendapatkan penghargaan berupa Pin Emas Ibu Presiden pada peringatan Hari Kartini 2019 di Monumen Nasional.

3. Kompol Ratna Quratul Aini

Polwan cantik yang kini menjabat sebagai Kapolsek Penjaringan, Jakarta Utara. Sebelumnya sempat bertugas sebagai Kasatbinmas Polres Metro Jakarta Barat.

Wanita kelahiran Pati ini berhasil menghebohkan Akademi Kepolisian karena berhasil mendapatkan tiga penghargaan sekaligus selama masa pendidikannya pada 2006 silam.

Ratna berhasil mendapat penghargaan Wiratama emas pada pendidikan tingkat pertama hingga ketiga di Akpol, di mana ia meraih peringkat pertama untuk bidang akademik, mental, dan jasmani. Kemudian, pada tingkat tiga, Ratna berhasil meraih dua penghargaan sekaligus yaitu Adhi Tanggap dan Adhi Makayasa.

Sampai dengan saat ini, belum ada lagi sosok perempuan yang menerima Adhi Makayasa selepas dirinya.
(bim)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1389 seconds (10.177#12.26)