4 Jenderal Polwan di Mabes Polri, Nomor 3 Bukan Jebolan Akpol Pernah Jadi Ketua Polwan Dunia

Senin, 29 Agustus 2022 - 05:55 WIB
loading...
4 Jenderal Polwan di Mabes Polri, Nomor 3 Bukan Jebolan Akpol Pernah Jadi Ketua Polwan Dunia
Brigjen Pol Ida Oetari Poernamasasi. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Tidak hanya polisi laki-laki yang memiliki andil di institusi Polri. Polwan atau polisi wanita juga memiliki prestasi cemerlang. Bukan hanya itu, sejumlah polwan berpangkat jenderal. Salah satu di antaranya bahkan sudah meraih gelar doktor.

Berikut adalah 4 jenderal polwan di Mabes Polri, 3 di antaranya sudah purna tugas.

1. Irjen Pol (Purn) Juansih

Nama Juansih sudah cukup terkenal sebagai polwan berprestasi Polri. Irjen Pol Juansih pernah menempati posisi sebagai Karoajinbang Lembaga Pendidikan dan Pelatihan atau Lemdiklat Polri. Terakhir, ia menjabat Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri.

Perempuan kelahiran Majalengka, 2 Agustus 1964 ini memiliki minat di dunia kepolisan kala menimba ilmu di UPI (Universitas Pendidikan Indonesia), Bandung. Juansih sangat salut melihat polwan yang sigap mengatur lalu lintas.

Usai menamatkan pendidikannya di UPI, Juansih muda langsung mendaftarkan diri sebagai polwan dan mengikuti seleksi. Keinginan sebagai polwan terwujud ketika ia diterima dan mengikuti pendidikan kepolisian di Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana tahun 1989.

Juansih menjalani karier awalnya pada tahun 1990 sebagai Inspektur Muda se-Polwan. Memiliki karier cemerlang, Juansih ditunjuk menjadi Kapolres Surabaya di tahun 2005 dan Kapolres Batu pada 2007. Meskipun sibuk, Juansih tak pernah sekalipun melupakan pendidikannya.

Bahkan, ia meraih gelar doktor dengan predikat cumlaude di Universitas Airlangga pada 2015. Ia mengambil jurusan Sumber Daya Manusia. Sebelumnya, Juansih meraih gelar masternya di Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan fokus Ilmu Hukum Bisnis.

4 Jenderal Polwan di Mabes Polri, Nomor 3 Bukan Jebolan Akpol Pernah Jadi Ketua Polwan Dunia

Foto: Istimewa

2. Irjen Pol (Purn) Apriastini Bakti Bugiansri
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1645 seconds (0.1#10.140)