4 Jenderal Polwan di Mabes Polri, Nomor 3 Bukan Jebolan Akpol Pernah Jadi Ketua Polwan Dunia

Senin, 29 Agustus 2022 - 05:55 WIB
loading...
A A A
Irjen Pol (Purn) Apriastini Bakti Bugiansri diangkat sebagai Kapusjarah Mabes Polri pada tahun 2020. Naiknya Apriastini, yang saat itu masih berpangkat brigjen, ke posisi ini mencetak sejarah baru bagi polisi wanita.

Pasalnya, ia menjadi perempuan pertama yang menjabat sebagai Kapusjarah Mabes Polri. Sebelum menjabat sebagai Kepala Pusat Sejarah (Kapusjarah) Polri, ia pernah menempati posisi sebagai Kabag Gassus SSDM Polri (2014), Kayanma Polri (2018).

Apriastini kemudian mendapat kenaikan pangkat menjadi irjen. Irjen Pol Apriastini Bakti Bugiansri memasuki masa purna tugas pada 1 Mei 2022, dengan jabatan terakhir sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri.

4 Jenderal Polwan di Mabes Polri, Nomor 3 Bukan Jebolan Akpol Pernah Jadi Ketua Polwan Dunia


3. Brigjen Pol Ida Oetari Poernamasasi

Selanjutnya, ada nama Brigjen Pol Ida Oetari Poernamasasi. Ida Oetari Poernamasasi ditunjuk Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit sebagai Wakil Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng). Sebelumnya, Ida bertugas sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Gadikwa Lemdiklat Polri.

Ida adalah satu dari tujuh jenderal yang turut mengawal Listyo dalam mengikuti uji kelayakan dan kepatuhan sebagai calon Kapolri di Komisi III DPR. Selain itu, Ida diketahui juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Polwan Dunia atau IAWP.

Dirinya tercatat sebagai polwan paling muda yang memiliki pangkat jenderal bintang 1. Perempuan kelahiran Probolinggo, 1964 itu tidak mengikuti pendidikan Akpol, melainkan berkuliah di Akademi Penilik Kesehatan Surabaya.

Ida kala itu mendapatkan surat wajib militer dan masuk ke Polri. Ia lalu ditugaskan di unit Perlindungan Perempuan dan Anak Polda Jawa Timur. Ida juga sempat mengembang tugas di BNN (Badan Narkotika Nasional).

4 Jenderal Polwan di Mabes Polri, Nomor 3 Bukan Jebolan Akpol Pernah Jadi Ketua Polwan Dunia

Foto: Istimewa
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1508 seconds (0.1#10.140)