Bus Listrik Transportasi Ramah Lingkungan Hadir di Kabupaten Bekasi

Rabu, 28 September 2022 - 16:01 WIB
loading...
Bus Listrik Transportasi Ramah Lingkungan Hadir di Kabupaten Bekasi
Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi menghadirkan bus listrik transportasi ramah lingkungan. Foto/Istimewa
A A A
BEKASI - Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi memperkenalkan bus listrik di wilayah Kabupaten Bekasi. Bus listrik ini nantinya akan dijadikan transportasi umum bagi warga Kabupaten Bekasi.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, R. Yana Suyatna menjelaskan kendaraan ini dioperasikan oleh perusahaan swasta. Adapun rutenya yaitu dari salah satu perumahan di Cikarang Utara menuju ke Bandara Soekarno-Hatta.

”Bus listrik ini tidak menaikkan dan menurunkan penumpang di jalan, tapi hanya berhenti di halte-halte (shuttle bus), untuk membiasakan kedisiplinan masyarakat,” kata Yana, Rabu (28/9/2022).

Transportasi berbasis listrik ini, sesuai dengan imbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini dalam mewujudkan transportasi yang ramah lingkungan.

”Selain bus listrik, kita juga akan operasikan mobil listrik unit kecil dengan rute GCC menuju Stasiun Cikarang,” ujarnya.

Pada tahun 2023 akan memprioritaskan mobil listrik koridor satu yang akan menghubungkan antara Jababeka dengan Stasiun LRT di Jatimulya. Kabupaten Bekasi turut mengembangkan tempat parkir kendaraan untuk mengurangi kendaraan pribadi.

”Di antaranya, lokasi di dekat Stasiun Cikarang dan Metland Tambun yang akan dijadikan park and ride, di sana masyarakat bisa menitipkan kendaraan dan berganti moda dengan kereta api,” tutupnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1898 seconds (0.1#10.140)