Prabowo Subianto Tinjau Pengungsi Bencana Tanah Bergerak di Bojong Koneng

Senin, 26 September 2022 - 01:08 WIB
loading...
Prabowo Subianto Tinjau Pengungsi Bencana Tanah Bergerak di Bojong Koneng
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyambangi lokasi warga yang terdampak bencana tanah bergerak di Kampung Curug, Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor. Foto: Ist
A A A
BOGOR - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyambangi lokasi warga yang terdampak bencana tanah bergerak di Kampung Curug, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor , Minggu (25/9/2022). Letaknya tidak jauh dari kediaman pribadi Prabowo di Hambalang.

Prabowo yang bersama Kepala Desa Bojong Koneng Rusdi Anwar dan Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudi Susmanto langsung meninjau Posko Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta menyapa warga Desa Bojong Koneng yang tinggal sementara di tenda pengungsian. Kedatangan Prabowo adalah memastikan para warga dalam kondisi baik dan menampung aspirasi terkait apa yang mereka butuhkan.

“Hangat enggak di sini kalau malam?” tanya Prabowo.

“Dingin,” jawab beberapa ibu-ibu di dalam tenda BNPB.

Baca juga: Wakili Presiden di Muktamar Persis, Prabowo: Pak Jokowi Ilmunya di Atas Saya



“Nanti kita bantu lagi sarung ya. Selimut tadi sudah,” ujar Prabowo yang dijawab dengan ucapan terima kasih dari para pengungsi yang kebanyakan para ibu dan anak-anak.

Prabowo juga beberapa kali menyapa anak-anak yang berada di tenda pengungsian. “Jaga kesehatan ya semuanya,” katanya sambil mengelus kepala anak-anak yang berkerumun.

“Saya melihat bagaimana kondisi dan langkah-langkah apa saja yang dilakukan untuk mengatasi. Tapi semua sudah ditangani dengan baik oleh (BPBD) daerah, semua unsur saling membantu. Ya Alhamdulillah kondisi mereka cukup baik,” jelas Menteri Pertahanan itu.

Pada saat bencana itu terjadi, Prabowo sedang berada di Maluku mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) kunjungan kerja. Namun demikian, ia langsung mengutus Ketua DPRD yang merupakan kader Partai Gerindra Rudy Susmanto untuk memberi bantuan kepada warga di wilayah terdampak pergeseran tanah.

Rudy mengaku mendapat amanat dari Prabowo untuk menampung aspirasi masyarakat yang menjadi korban bencana. Sekaligus memerintah kepadanya untuk memenuhi segala kebutuhan warga terdampak bencana tanah bergerak, terutama kebutuhan pokok.

Adapun Rudy saat itu mengatakan bahwa Prabowo membuka kediamannya untuk menampung pengungsi jika lokasi yang ada tidak mencukupi. "Jika mereka butuh tempat pengungsian, maka Padepokan Garuda Yaksa milik Pak Prabowo siap menampung para pengungsi," kata Rudy.

Sebagaimana diketahui, bencana tanah bergerak melanda kawasan Bojong Koneng, Kabupaten Bogor, pekan lalu. Hingga kini, bencana tersebut telah merusak 328 unit rumah di tiga kampung, berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor. Kerusakan bervariasi mulai ringan, sedang, hingga berat.
(rca)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1688 seconds (11.210#12.26)