Profil Komjen Pol Purwadi Arianto, Jenderal Peraih Penghargaan dari Jepang karena Pemolisian Masyarakat

Jum'at, 16 September 2022 - 11:23 WIB
loading...
Profil Komjen Pol Purwadi Arianto, Jenderal Peraih Penghargaan dari Jepang karena Pemolisian Masyarakat
Komjen Pol Purwadi Arianto.Foto/Tangkapan Layar/IG @lemhannas_ri
A A A
JAKARTA - Komjen Pol Purwadi Arianto nama salah satu perwira tinggi (Pati) Polri ini tak asing lagi di telinga masyakarat khususnya Jakarta. Pria yang pernah menjabat sebagai Wakapolda Metro Jaya ini baru saja menerima penghargaan dari Kementerian Luar Negeri Jepang.

Pada Agustus 2022, Komjen Pol Purwadi Arianto menerima penghargaan dari Kementerian Luar Negeri Jepang atas upayanya dalam pengembangan program Pemolisian Masyarakat (Polmas).

Program Polmas adalah sebuah program kerja sama antara Polri dan Japan International Coorporation Agency (JICA) dalam rangka memperkuat hubungan antara kepolisian Indonesia dan Jepang. Penghargaan itu diserahkan di Kediaman Resmi Duta Besar Jepang di Indonesia, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Komjen Pol Purwadi Arianto saat ini menjabat sebagai Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) sejak 18 Februari 2021.

Purwadi merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1988 yang berpengalaman di bidang reserse. Purwadi adalah anggota Korps Bhayangkara yang telah berpengalaman dalam mengemban jabatan penting, dari tingkat daerah hingga Mabes Polri.

Pria kelahiran 2 Oktober 1966 ini pernah menjabat sebagai Kapolres Metro Bekasi pada tahun 2005. Kemudian pada tahun 2007, Purwadi dipindahtugaskan menjadi Wadir Reskrimum Polda Metro Jaya.

Selanjutnya, dia diamanatkan menjadi Penyidik Utama Bareskrim Mabes Polri di tahun 2008. Dari tahun 2010 hingga 2011, Purwadi dipercaya menjadi Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Malut dan Polda Kalbar.

Pada tahun yang sama, dia menjadi perwira menengah Polda Kalbar hingga di tahun 2013 Purwadi kembali menjadi Dirreskrimum Polda Jateng.

Kariernya melonjak di tahun 2015, Purwadi mendapatkan kenaikan jabatan menjadi Wakil Direktur Tindak Pidana Tertentu (Wadirtipidter) Mabes Polri. Pada tahun 2016, Purwadi dipercaya mengemban amanah sebagai Direktur Tindak Pidana Tertentu Mabes Polri.

Pada tahun 2017, Purwadi Arianto mengisi posisi Wakapolda Metro Jaya yang sebelumnya diduduki oleh Brigjen Suntana. Pemindahan posisi tersebut berdasarkan perintah Kapolri Jenderal Tito Karnavian melalui Surat Telegram nomor ST/2032/VIII/2017 tertanggal 25 Agustus 2017.

Hingga 2018, Purwadi kembali dipindahtugaskan menjadi Kapolda Lampung dan posisinya sebagai Wakapolda Metro Jaya digantikan oleh Brigjen Pol Wahyu Hadiningrat. Baca: 4 Jenderal Polisi Termuda saat Jabat Wakapolda Metro Jaya, Nomor 1 Ajudan Presiden SBY

Di tahun 2021, Purwadi mendapatkan promosi untuk menduduki jabatan Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional. Di tahun yang sama pula, Purwadi menerima kenaikan pangkat dari Inspektur Jenderal menjadi Komisaris Jenderal alias bintang tiga.

Kenaikan pangkat tersebut berdasarkan Keputusan Presiden yang terdaftar dengan Nomor 48/Polri/2021 tentang kenaikan pangkat ke dan dalam golongan Polri.
(hab)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2052 seconds (11.252#12.26)