Kebakaran 2 Pabrik di Jababeka Masih Proses Pendinginan, Kerugian Ditaksir Miliaran Rupiah

Jum'at, 02 September 2022 - 16:27 WIB
loading...
Kebakaran 2 Pabrik di Jababeka Masih Proses Pendinginan, Kerugian Ditaksir Miliaran Rupiah
Kebakaran melanda pabrik PT Eon Chemical dan PT Tunas Mitra di Kawasan Industri Jababeka Bl C/22, Jalan Jababeka 2, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi pada Jumat (2/9/2022).Foto/MPI/Adi Suhardi
A A A
JAKARTA - Kebakaran yang melanda PT Eon Chemical dan PT Tunas Mitra, di Kawasan Industri Jababeka Bl C/22, Jalan Jababeka 2, Pasirgombong, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi , nyaris memakan waktu 12 jam. Hingga kini proses pemadaman masih terus dilakukan pihak terkait.

"Masih dalam proses pendinginan. Soalnya masih ada api dikit-dikit, kalau kita berhenti memadamkan api, nyala lagi (apinya)," kata Heru Petugas Damkar saat di lokasi, Jumat (2/8/2022).

Hingga menjelang siang ini, kata Heru, api sudah berangsur padam. Namun masih berjibaku melakukan upaya pendinginan. Pasalnya runtuhan bangunan menyulitkan untuk memadamkan.

"Hingga memastikan tidak ada asap yang mengepul dan benar-benar kondisi api sudah padam. Kendala kita saat pemadaman api ada di sela-sela ke tutupan senk runtuhan atap pabrik jadi masih ada bara api,"ujarnya.

Heru menuturkan, sebanyak enam unit mobil dan barang berharga milik dua pabrik tersebut ludes di lalap si jago merah.

"Mobil terbakar enam unit, di antaranya milik PT EON, satu unit engkel dan satu unit forkliftmilik PT Tunas Mitra, tiga unit mobil engkel jenis boks, satu unit tronton jenis wings boks, satu unit mobil mini bus Avanza tinggal kerangka," tuturnya.



Kabid Pemadaman dan Penyelamatan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bekasi, M Basir mengatakan, pihaknya menerima laporan sekitar pukul 01.00 WIB. Samapi sekarang pihaknya masih berupaya agar api benar-benar padam. Mengingat cuaca yang panas di khawatirkan ada api susulan.

"Saat ini kita masih melakukan proses pemadaman, Meskipun api sudah tidak ada. Tetapi kita antisipasi saja soalnya panas terik matahari sama angin yang kita khawatirkan api bermuculan lagi," ucap Basir saat dikonfirmasi, Jumat (2/8/2022).

"Untuk Damkar sendiri masih kayak tadi,sebanyak sembilan unit Damkar dari Kabupaten Bekasi dan Jababeka, yang berubah sebagian petugasnya aja soalnya aplusan," tambahnya.

Kerugian sementara masih belum bisa dipastikan. Namun perkiraan mencapai miliaran rupiah.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2351 seconds (0.1#10.140)