IHWG dan Prodi S2 Ilmu Gizi FKUI Edukasi Masyarakat Pulau Panggang Cegah PTM

Rabu, 31 Agustus 2022 - 21:17 WIB
loading...
IHWG dan Prodi S2 Ilmu Gizi FKUI Edukasi Masyarakat Pulau Panggang Cegah PTM
Indonesian Hydration Working Group (IHWG) bekerja sama dengan Program Studi Magister Ilmu Gizi FKUI menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat di Pulau Panggang. Foto: Istimewa
A A A
KEPULAUAN SERIBU - Kasus penyakit tidak menular (PTM) di Kepulauan Seribu masih cukup menghawatirkan. Untuk itu, Indonesian Hydration Working Group (IHWG) bekerja sama dengan Program Studi Magister Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat (pengmas) di Pulau Panggang.

Melalui kegiatan pengmas ini, masyarakat Kepulauan Seribu diajak untuk proaktif mencegah PTM melalui hidrasi sehat



Hasil Riset Kesehatan Dasar pada tahun 2018 mencatat kasus hipertensi di Kepulauan Seribu sebesar 30,81% (DKI Jakarta 33,43%), dan diabetes melitus 2,97% (DKI Jakarta 2,57%). Bahkan angka obesitas mencapai 32%, melebihi angka Provinsi DKI Jakarta sebesar 29,80%. Jika tidak tertangani dengan baik, maka PTM dapat berpengaruh terhadap tingkat produktivitas kerja yang berdampak langsung pada tingkat ekonomi keluarga.

Selain faktor metabolik (tekanan darah, gula darah, obesitas, gangguan fungsi ginjal) dan faktor perilaku (pola makan, merokok, aktivitas fisik), perilaku hidrasi berperan penting. Efek jangka panjang jika pemenuhan hidrasi tidak tercukupi maka akan terjadi gangguan metabolisme.

Untuk itu, kegiatan pengmas melalui penyuluhan dengan tema “Pulau Panggang KEHATIKU – Keluarga Sehat Hidrasi Kuat”, diadakan untuk meningkatkan kebiasaan minum air putih dan mencegah kasus dehidrasi.

Penurunan kasus dehidrasi diharapkan selaras dengan penurunan kejadian PTM sehingga tingkat produktivitas kerja turut meningkat dan pertumbuhan ekonomi pun membaik.

Kegiatan ini dihadiri oleh 98 orang ibu-ibu yang tergabung sebagai Jumantik (juru pemantau jentik), kader Posyandu, Dasawisma, serta PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) dari kelurahan Pulau Panggang.

IHWG dan Prodi S2 Ilmu Gizi FKUI Edukasi Masyarakat Pulau Panggang Cegah PTM


“Melalui edukasi ini, diharapkan peserta banyak menyerap ilmu dan menerapkan dalam praktik sehari-hari”, ujar Ketua Tim Pengabdi sekaligus Ketua IHWG, Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, SpGK(K), dalam keterangan tertulis, Rabu (31/8/2022).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1715 seconds (0.1#10.140)