BIAN Berakhir, Kecamatan Cilincing Gandeng KCN Sediakan Imunisasi Anak

Rabu, 31 Agustus 2022 - 19:28 WIB
loading...
BIAN Berakhir, Kecamatan Cilincing Gandeng KCN Sediakan Imunisasi Anak
Kecamatan Cilincing tetap menyediakan layanan imunisasi anak di setiap kelurahan meski gebyar Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) berakhir pada Agustus 2022. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Kecamatan Cilincing tetap menyediakan layanan imunisasi anak di setiap kelurahan meski gebyar Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) berakhir pada Agustus 2022.

"BIAN selesai Agustus ini, tapi kami tetap menyediakan layanan imunisasi," kata Sekretaris Kecamatan Cilincing Idham Mugabe di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Gabus Pucung Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (30/8/2022).

Gebyar BIAN merupakan suatu pemantik perhatian masyarakat terhadap pentingnya memberikan imunisasi kepada anak supaya tercipta kekebalan dari berbagai penyakit berbahaya seperti Campak, Rubella, Polio, dan lain-lain.
Baca juga: Jangan Tunda Imunisasi Anak Saat Pandemi Covid-19

Kelurahan Marunda termasuk kategori baik dalam melaksanakan imunisasi anak selama gebyar BIAN dengan pencapaian lebih dari 80 persen. "Marunda ini awalnya rendah di awal-awal bulan. Tapi pertengahan ke sini dia mulai melonjak naik bukan yang di bawah lagi sekarang sudah termasuk yang pencapaiannya bagus untuk tingkat kelurahan," ujarnya.

Pemkot Jakarta Utara melibatkan Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT Karya Citra Nusantara (KCN) untuk membantu menyukseskan program pemerintah terkait vaksinasi Covid-19 dan imunisasi anak bagi warga Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Marunda, Cilincing, Jakarta Utara yang berlangsung Selasa hingga hari ini Rabu (31/8/2022).

Menurut Idham, kebutuhan pemerintah untuk mengakselerasi pencapaian vaksinasi Covid-19 dan imunisasi anak di lingkungan Rusunawa Marunda sejalan dengan keinginan PT KCN untuk berkontribusi dalam bidang kesehatan masyarakat.

Pemkot Jakut melalui Kecamatan Cilincing juga mengkoordinasikan vaksinasi Covid-19 di Rusunawa Marunda bersamaan dengan pelaksanaan imunisasi anak dengan melibatkan Puskesmas Kecamatan Cilincing dan Puskesmas Kelurahan Marunda menyediakan vaksin dan tenaga kesehatannya.
Baca juga: Cakupan Imunisasi Ditingkatkan, Menkes Budi: Supaya Anak Sehat

Vaksin Covid-19 yang disediakan jenis Sinovac dan Pfizer. Sedangkan imunisasi disediakan beragam vaksin antara lain Measles Rubella (MR), Pentavalen (DPT, Hepatitis B, HiB), IPV, dan OPV. Adapun sasaran imunisasi anak adalah anak berumur maksimal 59 bulan (bawah lima tahun/balita).

Sementara, sasaran vaksinasi Covid-19 adalah warga berumur 6 tahun ke atas dengan kuota maksimal 150 orang per hari. Sentra imunisasi dan vaksinasi dibuka di RPTRA Gabus Pucung RT 07/07 karena lebih dekat menjangkau warga Rusunawa Marunda yang menempati RW 10, RW 11, dan RW 07 Kelurahan Marunda.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2777 seconds (0.1#10.140)