Asal-usul Daerah Setiabudi Jaksel, Kecamatan yang Punya Banyak Gedung Pencakar Langit

Sabtu, 16 Desember 2023 - 13:00 WIB
loading...
Asal-usul Daerah Setiabudi Jaksel, Kecamatan yang Punya Banyak Gedung Pencakar Langit
Setiabudi merupakan salah satu kawasan elite di Jakarta Selatan yang terkenal mempunyai banyak gedung tinggi. Foto/Instagram @garudainfrastructure
A A A
JAKARTA - Asal-usul daerah Setiabudi menarik untuk diketahui. Kecamatan ini merupakan daerah elite di Jakarta Selatan yang terkenal mempunyai banyak gedung tinggi.

Sebelum menjadi kawasan elite di ibu kota Jakarta, Setiabudi juga sempat mengalami kondisi seperti daerah lain pada umumnya. Untuk lebih mengetahui sejarah dan kondisi sebelumnya, simak asal-usul daerah Setiabudi berikut ini.

Asal-usul Daerah Setiabudi Jakarta Selatan


Asal-usul nama Setiabudi sendiri tidak lekang dari nama seorang pahlawan nasional Indonesia. Beliau adalah Ernest Douwes Dekker, yang juga dikenal dengan nama Danudirja Setiabudi.



Ernest Douwes Dekker lahir pada tanggal 8 Oktober 1879 di Pasuruan, Jawa Timur. Dia adalah anak dari Auguste Henri Eduard Douwes Dekker, seorang agen bank berdarah Belanda, dan Siyem, seorang wanita berdarah Belanda-Jawa.

Meskipun memiliki latar belakang keturunan Belanda, Douwes Dekker tidak menyukai penjajahan Belanda terhadap rakyat Indonesia. Beliau juga mendukung kemerdekaan Indonesia.

Douwes Dekker sendiri rupanya bersahabat dengan Presiden Pertama Soekarno. Kedekatan keduanya dimulai dari kesamaan pandangan dalam memperjuangan kemerdekaan bagi negara Indonesia.

Langkah sang pahlawan dimulai dengan mendirikan partai Indische Party bersama Ki Hajar Dewantara dan dr. Cipto Mangunkusumo pada 25 Desember 1912 sebagai bentuk perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Partai tersebut menjadi besar dan mampu mengumpulkan 5000 penduduk Indonesia dari berbagai penjuru nusantara. Namun, partai itu kemudian dibungkam oleh Belanda pada tahun 1913 dan ketiganya diasingkan lantaran dianggap sebagai pemberontak.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1985 seconds (0.1#10.140)