Profil Komjen Nurfaizi Suwandi, Mantan Kapolda Metro Jaya yang Pernah Jadi Dubes Indonesia Untuk Mesir

Rabu, 31 Agustus 2022 - 17:14 WIB
loading...
Profil Komjen Nurfaizi Suwandi, Mantan Kapolda Metro Jaya yang Pernah Jadi Dubes Indonesia Untuk Mesir
Komjen Nurfaizi Suwandi. Foto DOK Ist
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya ternyata sempat memiliki sosok pemimpin yang pernah menjadi Duta Besar Indonesia untuk Mesir . Adalah Komjen (Purn) Nurfaizi Suwandi.

Pria kelahiran 27 Juli itu pernah menjabat sebagai Kepala Polda Metro Jaya sebelum dilantik sebagai Dubes Indonesia oleh Presiden Susilo Bhambang Yudhoyono pada 21 Desember 2011 lalu.

Baca juga : Kapolda Metro Jaya Dorong Polwan Jadi Kapolsek

Dilansir dari berbagai sumber, Nurfaizi Suwandi ternyata mengikuti jejak ayahnya yang juga merupakan penegak hukum. Hampir seluruh jabatan di kepolisian pernah dijajal.

Mulai dari menjadi Kapolda di Jawa Tengah, Kabareskrim Mabes Polri, Kapolda Metro Jaya, Gubernur Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Bareskrim Polri (1998) dan Badan Narkotika Nasional (BNN).

Putra kelima dari tujuh bersaudara ini pensiun dari kepolisian pada tahun 2003. Selama menjadi polisi dia telah banyak berurusan dengan berbagai kasus.

Seperti bom di rumah dubes di jalan Diponegoro, bom BEJ, kejahatan pembunuhan berantai dan pembongkaran pabrik ekstasi di Tangerang.

Selanjutnya purnawirawan polisi ini dilantik oleh Presiden SBY bersamaan dengan 25 dubes lainnya. Dia ditugaskan untuk menjalin hubungan baik dengan negeri piramid.

Dalam menjalankan tugasnya sebagai Dubes, mantan Kapolda Metro Jaya ini menyukseskan pembangunan asrama mahasiswa di dalam kompleks Al-Azhar meskipun sempat terkendala dana.

Selain itu dia juga punya peran penting dalam meningkatkan nilai transaksi pariwisata dan perdagangan Mesir Untuk Indonesia.

Sehingga neraca perdagangan Mesir yang tadinya hanya 25 % meningkat sampai 75 %. Nilai ini terbesar ketimbang negara-negara di Afrika lainnya.

Baca juga : Kapolda Metro Jaya: Jangan Bosan Mengkritisi Kami

Berkat jasanya ini, Nurfaizi memperoleh penghargaan Primaduta Award 2014. Penghargaan ini adalah untuk KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) yang berhasil meningkatkan nilai ekspor.

Puncak dari prestasinya adalah ketika dapat mendatangkan kepala pemerintah ke Indonesia. Beberapa orang penting di Mesir termasuk Presiden As-Sisi sempat melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada saat Nurfaizi menjabat sebagai dubes.

Selain dikenal berbakal dalam menjalankan semua tugas yang dipercayakan padanya Nurfaizi juga tidak mengesampingkan pendidikannya.

Bahkan dia sempat tercatat sebagai wisudawan tertua ketika menyelesaikan pendidikan S3 nya di Universitas Negeri Solo (UNS). Capaian ini tentu menjadi sangat istimewa baginya.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2655 seconds (0.1#10.140)