3 Sungai Terpanjang di Bogor, Nomor 2 Membelah Kota Jakarta

Kamis, 25 Agustus 2022 - 13:17 WIB
loading...
A A A
Berdasarkan data tahun 2017 dari LIPI kekhawatiran ekosistem sungai yang kian hari semakin buruk dan pada akhirnya membuat 92,5 persen ikan-ikan di sungai ciliwung juga terancam punah hal ini dipicu oleh adanya air sungai yang keruh beserta pencemaran lingkungan.
3 Sungai Terpanjang di Bogor, Nomor 2 Membelah Kota Jakarta


Maka dari itu, untuk menjaga ekosistem lingkungan yang semakin memburuk, hal ini perlu dicermati secara bersama bukan hanya dari peran pemerintahan saja, namun peran masyarakat sekitar juga harus turut menjaganya agar dengan bersihnya aliran Sungai Ciliwung akan membuat masyarakat setempat juga mendapatkan berbagai manfaat, seperti mudahnya dalam mengambil sumber mata air sungai yang bersih dan sebagainya.

3. Sungai Cileungsi

Sungai cileungsi memiliki luas sungai sekitar 266,147 Km2 dengan panjang sungai 39,106 Km. Sungai cileungsi ini melintasi wilayah Kota Bekasi (Kec. Rawa Lumbu dan Kec. Bantar Gerbang) dan Kabupaten Bogor (Kec. Gunung Putri dan Kec. Cileungsi).

Seperti kebanyakan sungai pada umumnya, warga sekitar yang tinggal di dekat Sungai Cileungsi memiliki permasalahan dalam menghadapi banjir.
3 Sungai Terpanjang di Bogor, Nomor 2 Membelah Kota Jakarta


Selain itu, bagi warga sekitar yang tadi sering mengisi kekosongan waktu dengan memancing, membuat mereka harus mulai berhenti memancing di Sungai Cileungsi karena air di sungai ini telah keruh dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Bahkan pemandangan ikan-ikan air tawar yang ada di sungai tersebut sudah tidak terlihat lagi.
(hab)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1575 seconds (0.1#10.140)