Gadis Impor, Alasan Belanda Betah Menjajah di Batavia

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 06:15 WIB
loading...
A A A
Apalagi saat itu tidak semua pejabat kolonial Belanda yang datang ke Batavia membawa istri mereka. Maka, gadis-gadis impor itu yang menjadi pasangan hidupnya.

Meski JP Coen sadar “putri-putri kompeni” belum tentu baik sebagai istri para pejabat kolonial. Sebab, gadis impor itu kebanyakan berasal dari keluarga miskin dan pendidikan rendah sehingga mereka mau tinggal di Batavia hanya untuk mencari kekayaan. Setelah kaya, mereka minta dipulangkan ke Eropa.
Baca juga: Sejarah Tambora, Berawal dari Perjuangan KH Moestojib dan Ki Daeng Melawan Belanda di Batavia

“Gadis-gadis Belanda datang ke Batavia dalam keadaan miskin. Kalau mereka sudah kaya, mereka tak berhenti mengomel. Mereka ingin pulang memamerkan kekayaan mereka kepada kerabat dan tetangga,” kata seorang pejabat kolonial.

Dalam perkembangannya, jumlah gadis impor dari Eropa mulai dikurangi bahkan disetop. Orang-orang Belanda di Batavia mulai melirik perempuan-perempuan Asia.

Terjadilah perkawinan campuran antara pria Belanda dengan perempuan Asia. Sebenarnya ini bukan hal baru. Sejak lama pria Belanda sudah terlibat asmara gelap dengan wanita-wanita Asia yang dijadikan budak.

Misalnya wanita India atau dari belahan Timur Indonesia. Hanya saja kisah asmara mereka tak diungkap.
(jon)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1104 seconds (0.1#10.140)