Profil Sekolah Polisi Negara Polda Metro Jaya di Lido, Sukabumi

Selasa, 19 Juli 2022 - 15:11 WIB
loading...
Profil Sekolah Polisi Negara Polda Metro Jaya di Lido, Sukabumi
SPN PMJ merupakan tempat pendidikan dan pelatihan untuk calon polisi yang berkualitas. Foto: Dok/MNC Portal Indonesia
A A A
JAKARTA - Sekolah Pendidikan Kepolisian Negara Polda Metro Jaya ( SPN PMJ ) merupakan tempat pendidikan dan pelatihan untuk calon polisi yang berkualitas, di bawah naungan Polda Metro Jaya . SPN PMJ berfungsi sebagai penyelenggara pendidikan dan pelatihan untuk membentuk polisi yang senantiasa berjuang bagi keamanan negara Indonesia.

Pada Juli 2021, Polda Metro Jaya resmi membuka pendidikan untuk 762 Bintara Polri Tahun Ajaran 2021 di SPN PMJ Lido. Peserta pendidikan ini berasal dari tiga Polda di Indonesia. Baca juga: SPN Polda Metro Jaya Gagas Aplikasi SIGAP untuk Dongkrak Kualitas SDM

Mereka terdiri dari 21 Bintara dari Polda Jawa Timur, 50 Bintara dari Polda Papua, dan selebihnya dari Polda Metro Jaya. Peserta mendapatkan pendidikan selama kurang lebih lima bulan.

Pendidikan yang selesai pada Desember 2021 itu diharapkan dapat menjadikan lulusannya sebagai Bintara Polri yang mampu mengemban tugas secara maksimal.

Sebelumnya, SPN PMJ merupakan markas tentara atau polisi peninggalan Jepang. Kemudian pada tahun 1970, SPN PMJ bernama Komando Pendidikan dan Latihan Polri (Kodiklat Polri), yang hanya melakukan pendidikan untuk calon Tamtama Polri. Kodiklat Polri lalu berubah nama menjadi SPN PMJ Lido pada Tahun 1979 dan melaksanakan pendidikan untuk calon Bintara Polri.

SPN PMJ terus berkembang seiring berjalannya waktu. Dibuktikan pada tahun 2012, SPN PMJ mengadakan pendidikan Bintara Polri ke Perwira Pertama Polri atau Inspektur.

Kemudian pada tahun 2014, SPN PMJ mulai melaksanakan pelatihan untuk polisi wanita. SPN PMJ Lido juga dipercaya untuk melatih Brigadir Khusus Penyidik Pembantu Angkatan 2 yang bersumber dari sarjana, pada tahun 2016.



Pada bulan Juni 2021, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran melakukan peninjauan ke SPN PMJ di Lido, Sukabumi, Jawa Barat. Fadil Imran mengapresiasi tenaga pendidik dan instruktur yang tetap melakukan pelatihan dengan protokol kesehatan secara ketat di tengah pandemi Covid-19.

Pelatihan yang dilaksanakan di SPN PMJ Lido ini sudah terbilang bagus. Namun, Kapolda Fadil Imran berharap metode belajar mengajar dan pelatihan outdoor dapat ditingkatkan lagi.

Selain itu, Fadil Imran juga menanggapi tentang fasilitas di SPN PMJ Lido. Hal ini akan menjadi masukan bagi organisasi di SPN Lido untuk membangun transformasi operasional menjadi lebih baik lagi. Baca juga: Lantik 669 Siswa SPN Angkatan 45, Begini Pesan Kapolda Metro Jaya

Dalam mewujudkan hal tersebut, pada Maret 2022, Polri melakukan pembangunan gedung kelas dua lantai di SPN PMJ Lido. Pembangunan ini dilakukan untuk mewujudkan kampus sebagai pusat keunggulan. Di kelas dua lantai ini akan terdapat banyak 20 ruangan, yang diperkirakan akan selesai pada Agustus 2022.
(mhd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1401 seconds (10.177#12.26)