Camat Sebut Banjir di Kembangan karena Luapan Kali Angke Hulu

Minggu, 17 Juli 2022 - 12:23 WIB
loading...
Camat Sebut Banjir di Kembangan karena Luapan Kali Angke Hulu
Sejumlah warga melintas di Kelurahan Kembangan Utara, Jakarta Barat, yang terendam banjir. Foto: MNC Portal Indonesia/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Sejumlah wilayah di DKI Jakarta terendam banjir sejak Sabtu 15 Juli 2022 sore. Seperti yang terjadi di wilayah RW 01, Kelurahan Kembangan Utara, Jakarta Barat , setinggi 160 cm.

Camat Kembangan Joko Sukarno mengatakan, hingga kini lokasi yang masih tergenang yakni RT 7/ RW 01 Kembangan Utara. Di mana ketinggian air masih 40 cm.

"Dari kemarin, daerah tersebut memang masih terpantau tergenang hingga saat ini dan masih dalam penanganan petugas di lapangan," kata Joko saat dikonfirmasi, Minggu (17/7/2022).

Menurut Joko, banjir disebabkan dari luapan Kali Angke Hulu sehingga membuat permukiman warga tergenang. Rencananya dalam waktu dekat akan dilakukan pengerjaan sheetpile (tanggul).

"Ini dampak dari belum terseatpelnya (Kali Angke Hulu) kurang lebihnya ada sekitar 26 meter ya dari Angke hulu," ucapnya

Dia berharap, pengerjaan tanggul itu dikerjakan lebih cepat. Karena, dengan demikian banjir bisa diatasi.



"Rencananya tahun ini sih dari dinas tata air sudah usulkan, mudah-mudahan ada follow up lebih bagus lebih cepat, karena biar tidak banjir lagi," pungkasnya.

Ketua Kampung Siaga Bencana sekaligus Sekretaris RW 01, Kembangan Utara Durahim Nur (62) mengatakan, banjir melanda sejak Sabtu 16 Juli 2022 sekitar pukul 00.00 WIB.

Menurutnya, saat itu, hujan dengan intensitas tinggi pada Jumat 15 Juli 2022 malam membuat Kali Angke hulu meluap dengan ketinggian muka air mencapai 355 cm.

"Kebetulan di sini ada warning siaga 1 ketinggian air 355 cm. Nah secara otomatis wilayah RW 1 itu ada beberapa RT tergenang," pungkasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1991 seconds (0.1#10.140)