Penipu Modus Lowongan Kerja via Medsos Ditangkap di Tangerang

Jum'at, 15 Juli 2022 - 14:15 WIB
loading...
Penipu Modus Lowongan Kerja via Medsos Ditangkap di Tangerang
Polsek Neglasari menangkap FI (24) pelaku penipuan dengan modus menyediakan lowongan kerja.Foto/MPI/Nandha Aprilianti
A A A
TANGERANG - Polsek Neglasari menangkap FI (24) pelaku penipuan dengan modus menyediakan lowongan kerja. FI mencari sasaran korbannya melakukan akun media sosial Facebook.

Salah satu korban FI yakni, NA (19) warga cililitan, Kramat Jati, Jakarta Timur, yang kehilangan satu unit sepeda motor akibat ditipu pelaku. Tak terima dengan penipuan yang dialaminya korban melapor ke Polsek Neglasari.

Setelah melakukan penyelidikan, petugas pun menangkap FI tanpa perlawanan. Kapolsek Neglasari Kompol Putra Pratama menjelaskan, modus job creator abal-abal ini mencari calon korban melalui Facebook dengan menawarkan pekerjaan sebagai waiter dan waitress di restoran miliknya

"Pelaku mengaku akan memperkerjakan korban di restorannya yang beralamat di Condet dengan gaji awal Rp2,5 setiap bulannya," kata Putra kepada wartawan Jumat (15/7/2022).

Dalam waktu singkat saja, lowongan pekerjaan yang ditawarkan pelaku tersebut menarik perhatian para calon korban. Setelah korban dan pelaku berkomunikasi, FI memilih calon korban yang dianggapnya paling mudah untuk ditipu daya terutama yang memiliki sepeda motor.

NA menjadi incaran korban dan diajak pelaku untuk bertemu di depan Rumah Sakit Bunda Pasar Rebo pada Senin 11 Juli 2022 dengan membawa KTP dan KK sebagai syarat administrasi.

Setelah itu pelaku berpura-pura mengajak korban menuju restorannya dengan berboncengan menggunakan motor korban. Di tengah perjalanan, pelaku meminta agar korban untuk fotocopy KTP menjadi dua rangkap.

“Pada saat korban sedang memfotocopy administrasi persyaratan untuk melamar pekerjaan, pelaku langsung kabur membawa sepeda motor milik korban,” ujarnya.

Setelah menerima laporan korban, FI yang tinggal di Jalan Pedati, Kelurahan Tengah, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, ditangkap.

Pelaku ditangkap saat akan menjual motor hasil penipuannya di Kecamatan Neglasari. Hasil pemeriksaan tersangka, penipuan yang dilakukannya tidak hanya dengan modus tawaran pekerjaan via Facebook tetapi juga melakukan modus lainnya, yaitu, penipuan online penjualan peralatan poles mobil, korban modus ini sudah ada tiga orang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1781 seconds (0.1#10.140)