Vendor Ganti Rugi Tembok Toko Elektronik yang Roboh di Cakung

Rabu, 06 Juli 2022 - 07:59 WIB
loading...
Vendor Ganti Rugi Tembok Toko Elektronik yang Roboh di Cakung
Vendor tengah memperbaiki tembok toko elektronik yang ambruk imbas pengerjaan saluran air di Gang Air Tawar, Rawa Terate, Cakung, Jakarta Timur. Foto: MNC Portal Indonesia/Muhammad Farhan
A A A
JAKARTA - Runtuhnya tembok toko elektronik lantaran penggalian saluran air di Gang Air Tawar, Rawa Terate, Cakung, Jakarta Timur, tengah diperbaiki agar tidak menghalangi akses jalan warga. Kegiatan pembersihan sisa puing tembok yang roboh tersebut ditargetkan selesai hari ini, oleh vendor yang bekerja sama dengan Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur, PT Duta Kreasi Indah.

Project Manager PT Duta Kreasi Indah Lamsan Manalu menjelaskan, dia mewakili perusahaannya yang berperan sebagai vendor kontraktor penggalian saluran air di Jalan Bekasi Raya, Kelurahan Rawa Terate, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur itu akan bertanggung jawab. Baca juga: Imbas Penggalian Saluran Air, Tembok Toko Elektronik di Cakung Ambruk

"Atas terjadinya musibah tersebut, kami dari pelaksana atau vendor bertanggung jawab dan kita di sini tidak menyalahkan atau mempermasalahkan atas dasar bangunan tersebut, intinya kita tidak menyalahkan," tegas Lamsan kepada wartawan, Rabu (6/7/2022).

Lamsan mengungkapkan, pihaknya memahami sebab ambruknya tembok toko elektronik yang menutup akses jalan warga Gang Air Tawar, RT 07 RW 01, Kelurahan Rawa Terate itu, menyebabkan kerugian bagi warga sekitar. Ia menuturkan kerugian yang diterima khususnya pemilik toko elektronik tersebut mencapai Rp30 hingga Rp40 juta.

"Kerugiannya tadi kan kita sudah berbicara dengan pemilik, antara Rp30 hingga Rp40 juta," jelas Lamsan.



Karena kerugian tembok yang roboh, Lamsan beserta pemilik toko sudah berkomunikasi untuk menanggung kerugian bersama. Dia menegaskan, pengerjaan merapihkan sisa puing hasil runtuhan tembok tersebut akan tuntas pada hari ini.

"Perapian puing-puing ini paling lambat Rabu ini sudah selesai dan untuk pemasangan kembali temboknya, dari penjelasan pemilik, nanti akan secepatnya dibangun kembali," ujar Lamsan.

Lamsan mengungkapkan, pengerjaan proyek saluran air hasil kerja sama perusahaannya dengan Sudin SDA Jakarta Timur itu memiliki panjang kurang lebih lima kilometer. Pengerjaan dilakukan, lanjutnya, berada di lima RW yakni 01, 02, 03, 05, dan 06, Kelurahan Rawa Terate dan ditargetkann selesai pada dua minggu ke depan.

"Total panjangnya sekitar lima kilometer, kalau yang di lokasi ambruk itu panjang saluran sekira 25-27 meter. Kini persentase pengerjaan sudah mencapai 80 persen, biayanya atas proyek Sudin Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Jakarta Timur itu sebesar Rp7 miliar," kata Lamsan. Baca juga: Kali dan Saluran Air Sempit Jadi Penyebab Genangan di Jakarta
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2464 seconds (10.101#12.26)