Layani Perubahan Nama Jalan di KTP, Dukcapil Jakarta Timur Siapkan Mobil Keliling

Rabu, 29 Juni 2022 - 17:27 WIB
loading...
Layani Perubahan Nama Jalan di KTP, Dukcapil Jakarta Timur Siapkan Mobil Keliling
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Jakarta Timur menyediakan pelayanan mobile pengurusan perubahan data identitas secara gratis. Foto: MPI/Muhammad Farhan
A A A
JAKARTA - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( Disdukcapil ) Jakarta Timur menyediakan pelayanan mobile pengurusan perubahan data identitas secara gratis. Kegiatan jemput bola tersebut mulai dilaksanakan sejak Rabu (29/6/2022).

Hal ini untuk merespons adanya keluhan masyarakat yang khawatir terkait perubahan 22 nama jalan di Ibu Kota oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI. Di Jakarta Timur terdapat 5 nama jalan yang mengalami perubahan.

Baca juga: 22 Jalan Berganti Nama, Dinas Dukcapil DKI Akan Bantu Perubahan Data Kependudukan

Kasudin Dukcapil Jakarta Timur Novan mengatakan, jajarannya kini melaksanakan pemantauan langsung ke Jalan Mpok Nori yang dulunya bernama Jalan Bambu Apus Raya.

Di sana jajarannya mengadakan pelayanan secara mobile dengan menggelar mobil keliling di Masjid Jami Al-Hikmah Hidayah, Jalan Raya Setu Cipayung.

"Kami mengadakan pelayanan kepada warga sehubungan dengan adanya giat Pergub 565 Tahun 2022 tentang pergantian nama jalan, pergantian nama gedung dan lokasi lainnya yang lebih cenderung ke nama Betawi," kata Novan.

Menurut Novan, kegiatan dukcapil yang melayani dengan langsung mendatangi warganya lantaran Jakarta Timur menjadi wilayah yang mendapatkan total perubahan nama jalan sebanyak lima lokasi.

Baca juga: Perubahan Nama Jalan di STNK Bisa Dilakukan Ketika Membayar Pajak

"Kebetulan kali ini kita melayani warga di kelurahan Setu, dan warga Kelurahan Bambu Apus yang dulunya nama kalinya Bambu Apus Raya menjadi Jalan Mpok Nori," jelas Novan.

Untuk pemberkasan bagi warga yang mengajukan perubahan nama alamat, tidak akan serumit yang dibayangkan. Terkait biaya, Novan menegaskan tidak dikenakan biaya sepeserpun.

"Tidak ada persyaratan khusus. Warga cukup datang membawa KTP lama dengan fotokopi KK. Kehadiran kami hari ini bukan hanya terhadap pergantian itu ya, semua dokumen warga yang membutuhkan kami melayani," tukasnya.

Dalam pelayanan yang bersifat mobile tersebut, petugas akan terus berkeliling di sejumlah titik wilayah lainnya untuk menggelar agenda serupa. Akan tetapi untuk hari ini, petugas hanya melayani hingga pukul 12.00 WIB di Jalan Raya Setu Cipayung, Jakarta Timur.

Kendati demikian, Novan mengungkapkan apabila warga berhalangan untuk bisa hadir di mobil pelayanan dukcapil tersebut, warga bisa langsung diarahkan ke kantor Dukcapil dengan terlebih dahulu memiliki aplikasi Alpukat Betawi.
(thm)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1531 seconds (10.177#12.26)