3 Stadion di Jabodetabek dengan Biaya Pembangunan Fantastis, Nomor 1 Habiskan Dana Rp4,5 Triliun

Minggu, 26 Juni 2022 - 08:01 WIB
loading...
A A A
Stadion Pakansari di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, ini menelan biaya pembangunan yang fantastis, yaitu Rp803 miliar. Kabid Komunikasi dan Informasi Publik di Diskominfo Kabupaten Bogor Erwin Suriana mengatakan, dana pembangunan stadion itu bersumber dari dua pos, namun sebagian besar berasal dari APBD Kabupaten Bogor.

Stadion ini dapat menampung 30.000 penonton. Luas area stadion mencapai 60 hektare dengan panjang 105 meter serta lebar 70 meter. Stadion Pakansari dilengkapi dengan sarana atletik yang mengelilingi area lapangan sepak bola.
3 Stadion di Jabodetabek dengan Biaya Pembangunan Fantastis, Nomor 1 Habiskan Dana Rp4,5 Triliun

Foto/Antara

Stadion ini sudah menggunakan single seat serta terdapat beberapa layar LED besar yang dipasang pada beberapa sudut. Event olahraga nasional hingga internasional pernah diselenggarakan di Stadion Pakansari, seperti PON 2016 hingga Asian Games 2018.

3. Stadion Wibawa Mukti, Cikarang

Stadion Wibawa Mukti di Cikarang, Kabupaten Bekasi, memakan biaya pembangunan Rp530 miliar. Stadion ini berdiri di atas lahan 20 hektare. Lapangan sepak bola stadion ini didesain dengan standar internasional.

Lebih tinggi 1,5 meter dari pemukaan tanah. Terdiri dari dua lapis, lapis pertama rumput dan lapis kedua berupa bebatuan untuk filter, koral serta pasir.

Pada bawah lapisan terdapat drainase pipa baja, di mana pipa ini diperuntukkan mengalirkan air ke saluran besar di luar stadion. Stadion ini mempunyai kapasitas 30.000 penonton.
3 Stadion di Jabodetabek dengan Biaya Pembangunan Fantastis, Nomor 1 Habiskan Dana Rp4,5 Triliun


Stadion ini juga digunakan untuk latihan atlet atletik, panahan, hingga pencak silat. Stadion ini sudah digunakan untuk event olahraga nasional dan internasional. Mulai dari pertandingan Persija melawan Borneo FC 2019 hingga Asian Games 2018.
(hab)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1634 seconds (0.1#10.140)