3 Stadion di Jabodetabek dengan Biaya Pembangunan Fantastis, Nomor 1 Habiskan Dana Rp4,5 Triliun

Minggu, 26 Juni 2022 - 08:01 WIB
loading...
3 Stadion di Jabodetabek dengan Biaya Pembangunan Fantastis, Nomor 1 Habiskan Dana Rp4,5 Triliun
Jakarta International Stadium (JIS) salah stadion kebanggan di Jakarta yang menelan biaya pembangunan hingga Rp4,5 triliun.Foto/MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Stadion merupakan salah satu sarana olahraga multifungsi yang bisa menjadi kebanggaan daerah tersebut. Sejumlah daerah di Indonesia telah mempuyai stadion kebanggaan masing-masing yang dibangun oleh pemerintah daerah setempat.

Tak terkecuali di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi ( Jabodetabek ). Hampir di seluruh wilayah Jabodetabek ini telah memiliki stadion.

Biaya membangun stadion yang besar dengan fitur teknologi modern menelan biaya yang tinggi. Di Jabodetabek, terdapat stadion yang dibangun dengan biaya pembangunan termahal. Baca: 5 Stadion Kelas Internasional di Jabodetabek, Nomor Terakhir Paling Mewah

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut deretan stadion di Jabodetabek yang dibangun dengan harga termahal;

1. Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta

Pembangunan stadion yang terletak di Jakarta Utara ini menelan anggaran Rp4,5 triliun. Manajer Proyek Jakarta International Stadium (JIS) Arry Wibowo mengatakan, Ada berbagai fasilitas yang dapat dinikmati pengunjung, seperti bungee jumping hingga jogging track.

Stadion ini menggunakan sistem zero run-off yang memungkinkan air hujan yang jatuh ke tanah dialirkan kembali melalui saluran air Jakarta Utara. Hal ini dapat meminimalisir genangan yang sering terbentuk setelah hujan.
3 Stadion di Jabodetabek dengan Biaya Pembangunan Fantastis, Nomor 1 Habiskan Dana Rp4,5 Triliun


JIS dibangun di atas lahan seluas 22 hektare yang dirancang sesuai standar internasional. Stadion ini mempunyai keunggulan seperti menggunakan rumput hybrid yang merupakan perpaduan antara rumput sintesis serta natural yang dapat dipakai sampai 1.000 jam pertandingan.

Dikabarkan, rumput tersebut setara dengan rumput Stadion Allianz Arena di Munchen, Jerman. JIS dilengkapi dengan kursi tribun penonton berwarna oranye seperti lapangan sepak bola di Eropa yang dapat menampung hingga 82.000 penonton.

2. Stadion Pakansari, Bogor
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1862 seconds (11.97#12.26)