Warung Nasi Uduk Aceh 77 Sudah 15 Tahun Jualan Daging Babi, Pemilik: Semua Kita Pajang

Kamis, 16 Juni 2022 - 15:56 WIB
loading...
Warung Nasi Uduk Aceh 77 Sudah 15 Tahun Jualan Daging Babi, Pemilik: Semua Kita Pajang
Pemilik Nasi Uduk Aceh 77 Linda mengaku sudah berjualan belasan tahun. Bahkan menu yang dibuat dari olahan daging babi dan menu lainnya, dijual secara terbuka. Foto: SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Pemilik warung makan Nasi Uduk Aceh 77 buka suara perihal kontroversi sajian olahan daging babi yang dijualnya. Hal ini menjadi kontroversi karena warung itu identik dengan masakan khas Aceh tetapi menjual masakan non halal.



Pemilik Nasi Uduk Aceh 77 Linda mengaku sudah berjualan belasan tahun. Bahkan menu yang dibuat dari olahan daging babi dan menu lainnya, dijual secara terbuka.

"Kita sudah 15 tahun jualan, sudah lama. Ada rendang babi, dendeng babi, sate babi, semua kita pajang di etalase. Tidak ada yang ditutupi. Ada rendang ayam juga, rendang sapi, semua kita pajang," kata Linda saat ditemui di Muara Karang, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (16/6/2022).

Warung Nasi Uduk Aceh 77 Sudah 15 Tahun Jualan Daging Babi, Pemilik: Semua Kita Pajang


Menurut Linda, penggunaan label daerah merupakan tanah kelahirannya, yakni di Banda Aceh. Penggunaan nama itu bertujuan supaya orang lebih mengenal yang dijual, meskipun dalam hal ini non halal.

"Nama nasi uduk Aceh itu sebenarnya pemberian orang tua. Karena dulu orang tua yang jualan emang asalnya dari Banda Aceh. Jadi orang pada bilang, oh nasi Aceh, nasi Aceh. Jadi mama bilang kasih nama Nasi Aceh ajah biar orang mengenal," tuturnya.



Menyusuk dagangannya kini menjadi kontroversial di tengah masyarakat, Linda mengaku apa yang telah dilakukannya tidak ada maksud dan tujuan apapun.

"Saya engak punya maksud juga menyalahgunakan nama Aceh, cuma waktu itu kan kita berpikirnya orang lebih mengenal aja namun Nasi Uduk Aceh, karena kita asli dari Aceh. Jadi enggak ada maksud sama sekali," pungkasnya.

Warung Nasi Uduk Aceh 77 Sudah 15 Tahun Jualan Daging Babi, Pemilik: Semua Kita Pajang

Pemilik Nasi Uduk Aceh 77 Linda: Foto: SINDOnews/Yohannes Tobing

Diketahui, masyarakat dihebohkan dengan postingan di Facebook akun @Muhammad Raji Firdana yang mengunggah nasi gurih Aceh yang menyediakan menu olahan babi. Berdasarkan cerita akun tersebut, pemilik menceritakan awalnya ingin mencari warung nasi yang menyediakan nasi gurih khas Aceh. Namun sayangnya, saat dirinya mendapatkan tempat makanan yang dinginkan, warung tersebut rupanya menyediakan lauk olahan babi.

Dari pengalamannya makan di Warung 'Nasi Uduk Aceh 77' yang berada di Muara Karang, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara ini menjadi hal yang tidak menyenangkan. Sebab dengan menyandang nama 'Aceh' yang identik dengan Islam, namun tempat tersebut menyediakan yang non halal.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0869 seconds (0.1#10.140)