Omicron BA.4 dan BA.5 Terdeteksi, Anggota DPRD DKI Minta Pemprov Galakkan Vaksin Booster

Minggu, 12 Juni 2022 - 20:05 WIB
loading...
Omicron BA.4 dan BA.5 Terdeteksi, Anggota DPRD DKI Minta Pemprov Galakkan Vaksin Booster
Anggota DPRD DKI Jakarta Hardiyanto Kenneth meminta Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan upaya pencegahan masuknya subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 terdeteksi di Indonesia. Empat kasus Omicron BA.4 dan BA.5 dilaporkan pertama kali di Bali yang terdiri atas tiga warga negara asing (WNA) dan seorang warga negara Indonesia (WNI).

Oleh karena itu, anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan Hardiyanto Kennethmeminta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk melakukan upaya pencegahan. Salah satunya dengan menggakkan vaksin ketiga atau booster. Hal ini juga penting mengingat angka positif Covid-19 harian di Jakarta kembali meningkat, dimana sudah mencapai angka ratusan.



"Fenomena ini harus segera disikapi secara serius dan saya yakin bahwa Pemprov DKI mempunyai skenario yang ampuh untuk mencegah melonjaknya angka Covid-19 di Jakarta," beber Kepala Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPD PDIP DKI Jakarta itu, dalam keterangannya, Sabtu (12/6/2022).

"Soal vaksinasi di Jakarta harus kita perkuat lagi secara serius, dan harus tetap melakukan protokol kesehatan secara disiplin," sambungnya.

Terkait dengan masuknya subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 tersebut, Kenneth juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap mengikuti anjuran pemerintah, terutama mematuhi protokol kesehatan (prokes).



"Saya mengimbau kepada masyarakat tetap beraktivitas seperti biasa, tapi dengan catatan, tetap ikuti anjuran pemerintah, terutama dalam hal penegakan protokol kesehatan yang ketat. Masyarakat tidak perlu panik menyikapi masuknya subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 ke Indonesia," kata Kenneth.

Kasus konfirmasi positif virus Covid-19 di Indonesia bertambah menjadi 574 kasus pada Sabtu (11/6/2022). Kasus positif ini tersebar di sejumlah provinsi. DKI Jakarta masih menduduki peringkat teratas kasus konfirmasi Covid-19 dengan 314 kasus. Kemudian Jawa Barat sebanyak 92 kasus, dan Banten sebanyak 71 kasus.

Sejak Selasa (7/6), kasus infeksi harian di Jakarta sudah menunjukkan peningkatan dan melampaui angka 200 kasus per hari. Pada Selasa (7/6), ada 260 kasus yang terkonfirmasi dalam satu hari. Selanjutnya, Rabu (8/6/2022) tercatat 288 kasus.
Kemudian pada Kamis (9/6) jumlahnya kembali meningkat ada 276 kasus. Pada Jumat (10/6), jumlah kasus baru Covid-19 bertambah menjadi 333 kasus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1323 seconds (0.1#10.140)