Perbedaan Sirkuit Formula E Ancol dengan Sirkuit Sentul Bogor

Selasa, 07 Juni 2022 - 06:03 WIB
loading...
Perbedaan Sirkuit Formula E Ancol dengan Sirkuit Sentul Bogor
Sejumlah crew dan pembalap bersiap di Garis Start dalam ajang kualifikasi Formula E di Jakarta International E-prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022). Foto: MNC Portal/Heru Haryono
A A A
JAKARTA - Balapan Federation Internationale de l'Automobile (FIA) Formula E Jakarta E-Prix sukses terlaksana pada Sabtu 4 Juni 2022 kemarin. Pembalap dari seluruh dunia datang ke Indonesia untuk memperebutkan titel juara pertama dari pertandingan tersebut.

Tidak tanggung-tanggung, Presiden Jokowi turut hadir dan langsung menyerahkan piala kepada pemenang juara satu Formula E, Mitch Evans dari Jaguar TCS asal Selandia Baru.

Ajang balapan Formula E tahun ini terlaksana di Sirkuit Ancol, Jakarta. Namun bertahun-tahun lalu tepatnya pada 1996, ajang balapan bergengsi lainnya, yaitu MotoGP, pernah dilaksanakan juga di Sirkuit Sentul, Bogor.

Perbedaan Sirkuit Formula E Ancol dengan Sirkuit Sentul Bogor

Atas tampak gambar Sirkuit Sentul Bogor dan bawah Sirkuit Formula E Ancol, Jakarta. Foto: Dok/SINDOnews

Kedua sirkuit ini mempunyai perbedaan sirkuit, baik itu bentuk lintasan hingga fasilitasnya. Apa saja perbedaan Sirkuit Formula E Ancol dengan Sirkuit Sentul Bogor?

Sirkuit Formula E Ancol merupakan sirkuit yang masih terbilang baru karena dirampungkan pada April 2022, dua bulan sebelum ajang Formula E digelar. Sirkuit ini memiliki panjang lintasan sekitar 2,4 km dan dilengkapi 18 tikungan. Lebar lintasannya 12 meter dengan panjang lintasan lurus 600 meter.

Sirkuit ini memiliki lintasan dengan arah sesuai arah jarum jam (clockwise). Bentuk lintasan yang menyerupai kuda lumping juga menjadi salah satu keistimewaan Sirkuit Ancol.



Sejumlah fasilitas dan spesifikasi yang mumpuni untuk digunakan mobil balap, tersedia di Sirkuit Ancol. Seluruh landasan sirkuit telah selesai diaspal, bahkan dilengkapi aspal tambahan untuk menghindari mobil balap yang terkadang overshoot (melewati batas lintasan).

Fasilitas yang dimiliki Sirkuit Ancol ini cukup berbeda dengan fasilitas yang tersedia di Sirkuit Sentul Bogor. Sirkuit Sentul sendiri berlokasi di Desa Sentul, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Sirkuit ini memiliki panjang lintasan 4,12 km, lebar lintasan 15 meter dan lintasan lurus terpanjang 900 meter.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2532 seconds (0.1#10.140)