3 Fasilitas Penunjang JIS, Nomor 2 Bisa Jogging di Atas Ketinggian 72 Meter

Senin, 06 Juni 2022 - 12:31 WIB
loading...
3 Fasilitas Penunjang JIS, Nomor 2 Bisa Jogging di Atas Ketinggian 72 Meter
Stadion JIS memiliki sejumlah fasilitas penunjang yang dapat dinikmati masyarakat. Fasilitas penunjang JIS tersebut dijamin memanjakan pengunjung. Foto: SINDOnews/Isra Triansyah
A A A
JAKARTA - Jakarta International Stadium (JIS) memiliki sejumlah fasilitas penunjang yang dapat dinikmati masyarakat. Fasilitas penunjang JIS tersebut dijamin memanjakan pengunjung.

Sebagai stadion berkelas dunia, stadion kebanggaan warga Jakarta ini memang dibangun dengan menggabungkan konsep multi use. Artinya, selain lapangan sepakbola JIS dapat difungsikan sebagai tempat pameran, pertemuan, hingga konser musik.



Berikut sejumlah fasilitas penunjang Jakarta International Stadium:

1. Ramp atau Area Pejalan Kaki

3 Fasilitas Penunjang JIS, Nomor 2 Bisa Jogging di Atas Ketinggian 72 Meter


JIS memiliki ramp atau area pejalan kaki menuju stadium sebagai pintu masuk utama bagi suporter. Area ini bisa digunakan pengunjung untuk lokasi olahraga atau sekadar untuk berswaphoto.
Bahkan ramp ini sudah digunakan Pemprov DKI untuk menggelar Salat Idul Fitri beberapa waktu lalu.

Ramp dibangun dengan lebar 30 m dengan panjang masing-masing kurang lebih 200 m untuk sisi Barat dan 160 m untuk sisi Timur.

Penyandang disabilitas juga dapat mengakses ramp sebagai gate masuk. Terlebih juga, ramp didesain untuk dilalui kendaraan pemadam kebakaran ketika ada kondisi darurat.

2. Skywalk Deck di Atas Ketinggian 72 Meter

3 Fasilitas Penunjang JIS, Nomor 2 Bisa Jogging di Atas Ketinggian 72 Meter


Pada bagian atas Stadion JIS terdapat Skywalk Deck (jalur jalan di atas ketinggian). Fasilitas ini bisa melayani pengunjung, baik untuk berjalan di sekitar perimeter atas maupun berjalan di atas catwalk untuk sampai ke bagian tengah atas atap tepat di atasnya.

Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria (Ariza) pernah menjajal Skywalk Deck sebagai wahana baru ketika menyambangi proyek JIS.

Ariza berjalan santai di jalur sepanjang 800 meter itu. Jalur jalan di atas ketinggian itu memiliki lebar tiga meter, sehingga bisa juga dipakai untuk lari santai (joging track). Masyarakat bisa menikmati sensai jongging di atas ketinggian 72 meter itu.

3. Fasilitas Transportasi dan Parkir

Untuk memudahkan akses menuju lokasi stadion, disiapkan area TOD (Transit Oriented Development) di sisi Barat stadion JIS, tepatnya di ujung pedestrian elevated atau ramp barat yang berjarak kurang lebih 250 meter dari stadion utama.



Transportasi yang tersedia di area TOD, yakni halte transjakarta dan LRT Jakarta. Jadi, masyarakat yang ingin ke Stasion JIS, bisa menggunakan fasilitas angkutan massal.

Bagi pengguna kendaraan pribadi, JIS dilengkapi halaman parkir di dalam stadion yang berada pada lantai pertama dengan daya tampung 733 dan 22 yang dikhususkan bagi penyandang disabilitas.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1667 seconds (0.1#10.140)