Anies Beberkan Strategi Wujudkan Jakarta sebagai Kota Kolaborasi

Sabtu, 28 Mei 2022 - 21:53 WIB
loading...
Anies Beberkan Strategi Wujudkan Jakarta sebagai Kota Kolaborasi
Gubernur DKI Anies Baswedan membeberkan strategi mewujudkan Jakarta sebagai Kota Kolaborasi atau The City of Collaboration ke dalam aktivitas konkret. Foto: IG@aniesbaswedan
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Anies Baswedan membeberkan strategi mewujudkan Jakarta sebagai Kota Kolaborasi atau The City of Collaboration ke dalam aktivitas konkret. Salah satunya dengan memformalisasi inisiasi kolaborasi melalui MoU (Momorandum of Understanding/Nota Kesepahaman).

Anies mengungkapkan, MoU mengekspresikan ruang kolaborasi yang disepakati antardua pihak, yang kemudian dilanjutkan dengan kerja-kerja teknis yang intensif.



"Dalam rangkaian pertemuan di Eropa beberapa waktu lalu, kami berkesempatan menghadiri beberapa seremoni penandatanganan MoU di bidang transportasi antara MRT, Transjakarta, dan beberapa kolaborator di Eropa," ujar Anies dikutip dari akun Instagram, Sabtu (28/5/2022).

Anies Beberkan Strategi Wujudkan Jakarta sebagai Kota Kolaborasi


Penandatanganan MoU di bidang transportasi yang dilakukan Anies, mencakup:
1. MoU dengan Switch Mobility untuk standardisasi operasional bus listrik.
2. MoU dengan Crossrail International untuk penyusunan strategi pembangunan koridor ekonomi, sosial, hijau berkelanjutan sepanjang jalur MRT Fase 3.
3. MoU dengan BloombergNEF untuk mendukung rencana pengoperasian kendaraan umum bertenaga listrik.
4. MoU dengan Transport Studies Unit, University of Oxford untuk pengembangan dan peningkatan kualitas SDM terkait penyiapan bus listrik.
5. MoU dengan PT Alstom untuk kerjasama solusi sistem perkeretaapian, meliputi skema pengadaan rolling stock, sinyal, infrastruktur, dan layanan perkeretaapian.
6. MoU dengan PT Thales untuk solusi teknologi integrasi sistem pertiketan.

Anies menegaskan, pemerintah yang berhasil adalah pemerintah yang delivered, atau berhasil menuntaskan rencana yang dibuat.

"Begitu pula dengan inisiasi kolaborasi ini, kami berharap seluruh MoU dapat menjadi MoU yang hidup, aktif, sehingga dapat mendatangkan manfaat nyata bagi pengembangan transportasi publik di Jakarta dan mewujudkan Jakarta Net Zero Emissions 2050," tutup Anies.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3148 seconds (0.1#10.140)