Profil Kompol Riza Sativa, Polwan Cantik yang Bercita-cita Jadi Hakim Kini Jabat Kapolsek Sunda Kelapa

Kamis, 26 Mei 2022 - 06:35 WIB
loading...
Profil Kompol Riza Sativa, Polwan Cantik yang Bercita-cita Jadi Hakim Kini Jabat Kapolsek Sunda Kelapa
Kompol Riza Sativa. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Kompol Riza Sativa, polwan cantik ini sekarang menjabat Kapolsek Sunda Kelapa. Dia menggantikan Kompol Seto Handoko Putra yang pindah tugas sebagai Kanit 5 Subdit 4 Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Riza merupakan bagian dari 8 polwan yang menjadi kapolsek baru di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Riza pernah menjabat Kasat Binmas Polres Metro Jakarta Utara. Pada tahun 2020 dia mengemban tugas sebagai Kapolsek Pondok Aren, Polres Tangerang Selatan.
Baca juga: Profil Bripda Maharani, Polwan Cantik Mantan Putri Pariwisata

Sekadar kilas balik, Riza tidak berpikir menjadi seorang anggota kepolisian. Lulusan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta ini dulunya mengambil jurusan Hukum dan bercita-cita menjadi hakim.

Setelah lulus pada tahun 2005, Riza sebenarnya tengah melanjutkan studi di program Magister UGM. Namun, di tengah perkuliahannya tiba-tiba dia menerima informasi pendaftaran Akademi Kepolisian (Akpol) untuk lulusan sarjana.

Dengan dorongan dan semangat dari orang tuanya akhirnya Riza mengambil cuti dan mengikuti seleksi Akpol. Sampai pada akhirnya, dia dinyatakan lulus menjadi Taruna Akpol dan mulai menjalani pendidikan.

Riza lulus dari Akpol pada 2009 dan ditugaskan pertama kali di unit Kepolisian Resor Karimun, Polda Kepulauan Riau. Setelahnya, dia sempat beberapa kali pindah ke beberapa tempat termasuk Polda Papua Barat, Polda DIY, hingga ditempatkan di Polda Metro Jaya sebagai Kapolsek Pondok Aren pada 2020.

Diketahui, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran memberikan kepercayaan kepada 8 polwan sebagai Kapolsek. Delapan polwan itu ditunjuk sebagai kapolsek sebagai komitmen kapolda atas kesetaraan gender. Bahkan, mereka ditempatkan di sejumlah polsek yang sebelumnya belum pernah diisi polwan.
Baca juga: Profil Brigjen Juansih, Polwan Bergelar Doktor Cumlaude dari Unair yang Jadi Inspirasi

“Saya memberikan jabatan Kapolsek perempuan di tempat-tempat yang sebelumnya tidak pernah dijabat perempuan seperti di Menteng, Penjaringan dan beberapa polsek-polsek lain yang selama ini dijabat oleh polisi laki-laki,” ujar Fadil, Rabu (25/5/2022).

Dia berharap para polwan yang menjadi kapolsek baru memanfaatkan pendekatannya sebagai seorang ibu untuk menjaga dan menjamin kamtibmas di wilayah masing-masing.
(jon)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1063 seconds (10.177#12.26)