Sambangi Korban Longsor Cijeruk Bogor, Risma Salurkan Bantuan

Selasa, 24 Mei 2022 - 00:12 WIB
loading...
Sambangi Korban Longsor Cijeruk Bogor, Risma Salurkan Bantuan
Menteri Sosial Tri Rismaharini mendatangi lokasi longsor yang memakan empat korban jiwa di Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.Foto/Kemensos.dok
A A A
BOGOR - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mendatangi lokasi longsor yang memakan empat korban jiwa di Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Risma memberikan bantuan uang tunai Rp15 juta per jiwa untuk korban longsor .

"Saya berharap untuk warga di sekitar sini, kalau pada waktu hujan deras mungkin sementara bisa di luar. Untuk menghindari adanya korban lagi," ungkap Risma di lokasi, Senin (23/5/2022) malam.

Risma juga meminta kepada aparatur kecamatan dan desa setempat membantu membuat BPJS untuk salah satu korban selamat yang tengah hamil 8 bulan. Sehingga, bisa dibantu pemerintah untuk persalinannya.

"Tadi saya juga minta bantuan dari Pak Camat dan Kades untuk membantu pengurusan BPJS karena ada ibu yang akan melahirkan sebulan lagi. Sehingga saat melahirkan nanti bisa dibantu pemerintah untuk biaya persalinan maupun pengobatan," katanya.

Kemudian, lanjut Risma, pihaknya juga memberikan bantuan sosial sebesar Rp15 juta per jiwa. Termasuk beberapa keperluan laim seperti sekolah anak-anak yang menjadi korban mainan hingga pakaiannya. Baca: Cerita Wanita Hamil Selamat dari Longsor di Cijeruk Bogor

"Dari kami memang ada (bantuan) standar ya, bantuan sosial Rp15 juta per jiwa. Kami akan kami bantu juga adik-adik ini untuk bisa disampaikan ibunya peralatan untuk sekolah. Juga katanya pakaian sehari-hari. Kami akan siapkan akan kirim," tuturnya. Baca: Cerita Wanita Hamil Selamat dari Longsor di Cijeruk Bogor

Selain itu, rencananya Risma akan mengirimkan petugas untuk melakukan trauma healing kepada korban. Karena, berdasarkan informasi yang diterimanya para korban masih trauma akan kejadian tersebut.

"Nanti yang penting dikoordinasikan oleh Pak Camat, katanya beliau-beliau (masyarakat) trauma kan kalau menempati itu. Saya pikir juga siapa pun akan trauma, karena saat peristiwa itu sangat berat. Jadi nanti mungkin saya akan kirim petugas lakukan trauma healing untuk mengurangi traumanya," pungkasnya.

Sebelumnya, empat orang meninggal dunia dan beberapa lainnya selamat dalam bencana tanah longsor di Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor pada Sabtu 21 Mei 2022. Tim SAR gabungan sempat melakukan pencarian korban yang sempat tertimbun dan korban terakhir telah berhasil dievakuasi pada Minggu 22 Mei 2022.

(hab)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2332 seconds (11.97#12.26)