Berjalan Hikmat, Petugas Gabungan Jaga Vihara Avalokitesvara

Senin, 16 Mei 2022 - 16:29 WIB
loading...
Berjalan Hikmat, Petugas Gabungan Jaga Vihara Avalokitesvara
Sebanyak enam orang melakukan pengamanan Hari Raya Waisak 2022 atau 2566 BE (Buddhist Era) di sejumlah vihara yang ada di Kota Tangerang Selatan. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebanyak enam orang melakukan pengamanan Hari Raya Waisak 2022 atau 2566 BE (Buddhist Era) di sejumlah vihara yang ada di Kota Tangerang Selatan . Tak terkecuali Vihara Avalokitesvara dan Klenteng Kwan Im Thang Pondok Cabe Pondok Cabe Udik, Pamulang.

Komandan keamanan di Vihara Avalokitesvara Iptu Suartana mengatakan, dalam tugas pengamanan Waisak di vihara kali ini pihaknya ditugaskan bersama dua orang dari Polsek Pamulang dan Polres Tangerang Selatan.

"Maka dari itu kita diperintahkan pam kegiatan kebaktian di vihara ini," kata Iptu Suartana saat ditemui, Senin (16/5/2022).

Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya berjaga sejak pukul 10.00 WIB hingga akhir acara sore ini. Kemudian sampai siang hari ini tidak ada peristiwa menonjol dan jemaat dapat beribadah dengan nyaman.

"Situasi aman terkendali dan masyarakat melakukan kebaktian aman nyaman berjalan lancar," jelasnya.



Sebelumnya, suasana hikmat dilakukan oleh sejumlah Umat Buddha dalam perayaan Hari Raya Waisak 2022 atau 2566 BE di Vihara Avalokitesvara dan Klenteng Kwan Im Thang Pondok Cabe Pondok Cabe Udik, Pamulang, Kota Tangerang Selatan.

Sejumlah jemaat melakukan ibadah di dua bagian yakni pada bagian dalam vihara dan di luar vihara. Dengan duduk bersila jemaat yang berada di dalam vihara mendengar doa Bhiksuni.

Sementara itu jemaat yang berada di luar lebih banyak diisi oleh anak muda dan anak-anak beserta orang tuanya. Mereka berdiri di kursi sambil hikmat mendengarkan doa-doa.

Dengan aroma harumnya dupa jemaat secara hikmat duduk menyimak setiap kata dan kalimat yang dibacakan Bhiksuni jemaat. Sementara itu Bhiksuni jemaat yang berada lebih atas duduk sambil membacakan doa-doa.

Doa yang dibacakan oleh Bhiksuni mengajak agar Indonesia tetap damai dengan penuh kebijaksanaan dan kesejahteraan. Masyarakat Indonesia menjadi negara yang tangguh dan tidak terpecah belah dalam menjalani setiap kehidupan.

"Semoga bangsa kami senantiasa dapat mempersatukan meneruskan perjuangan para pahlawan. Semoga di tahun politik bangsa kami tetap rukun dan damai," kata Bhiksuni.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2107 seconds (0.1#10.140)