Berlatar Belakang Dunia Medis, Ini Profil Plt Dirut RSKO Jakarta Dr Soeko W Nindito

Jum'at, 13 Mei 2022 - 13:33 WIB
loading...
Berlatar Belakang Dunia Medis, Ini Profil Plt Dirut RSKO Jakarta Dr Soeko W Nindito
Dr Soeko W Nindito Dr Soeko W Nindito D. Foto: RSKO-Jakarta
A A A
JAKARTA - Dr Soeko W Nindito D, MARS adalah Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama Rumah Sakit Ketergantungan Obat ( RSKO ) Jakarta. Pria yang akrab disapa Soeko ini dibesarkan dengan latar belakang dunia medis yang kuat.

Diketahui, ayahnya berprofesi sebagai dokter tentara, sementara sang ibu merupakan dokter gigi di RS TNI AD di Pusdikkes. Hal inilah yang membuat Soeko bercita-cita sebagai dokter, sebagaimana kedua orang tuanya.

Soeko mengenyam pendidikan sekolah dasar di Ria Persib Candra Kirana, Bulak Rantai, Jakarta Timur. Di sini, ia pernah menyabet kejuaraan se-DKI di bidang musik. Soeko kemudian melanjutkan sekolah ke SMP 20 Kompleks TNI AD, Jakarta Timur, dan SMAN 8 Bukit Duri.



Setelah lulus SMA, Soeko diterima menjadi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI). Hal ini tentu sesuai dengan yang ia cita-citakan. Usai menyelesaikan pendidikan S1, Soeko mengabdikan diri menjadi dokter PTT di Puskesmas Geger, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Ketika menjalankan tugasnya, ia fokus akan edukasi kesehatan ke masyarakat dengan pendekatan langsung.

Ia pun melanjutkan pendidikan S2-nya dengan memilih Magister Akreditasi Rumah Sakit (MARS). Setamatnya dari program magister, Soeko menjadi Ketua di Ikatan Ahli Bedah Indonesia (IKABI) yang sekretariatnya berada di RSUP Cipto Mangunkusumo. Kemudian ia mencoba mengikuti ujian CPNS dan akhirnya lulus dan diterima di Subdit Vektor Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (saat ini Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit/P2P).

Tiga tahun bekerja di Direktorat P2P, Soeko lalu mendaftar ke Direktorat Jenderal Pelayanan Medik yang ketika itu membutuhkan SDM berlatar belakang MARS. Sayangnya, ia tak menerima respons. Soeko kemudian diamanahkan menjadi Kasi Subdit Rumah Sakit Khusus. Ia bersama timnya aktif membuat beragam pedoman dan sosialisasi saat mengawal Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI).

Karier Soeko pun semakin naik. Ia diangkat menjadi eselon III yang mengurusi diklat di RSUP Cipto Mangunkusumo (RSCM) selama 1,5 tahun. Lalu ia pun menjadi Kepala Bidang Pelayanan Medik RSCM. Beberapa jabatan penting pernah diembannya, seperti Direktur Utama RS Kanker Dharmais, Plt Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan, dan Penunjang RS Kanker Dharmais.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1537 seconds (0.1#10.140)