Lepas 5.748 Pemudik, Ganjar: Bentuk Perhatian dan Kepedulian kepada Perantau

Kamis, 28 April 2022 - 19:19 WIB
loading...
Lepas 5.748 Pemudik, Ganjar: Bentuk Perhatian dan Kepedulian kepada Perantau
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melepas peserta mudik dalam program Mudik Gratis 2022 di Museum Purna Bhakti Pertiwi, TMII, Jakarta Timur, Kamis (28/4/2022). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo resmi melepas pemudik tujuan Jawa Tengah dalam program Mudik Gratis 2022. Program ini diselenggarakan Pemprov Jateng bekerja sama dengan Bank Jateng.

Total ada 126 armada bus diberangkatkan untuk mengantarkan 5.748 pemudik ke seluruh daerah di Jawa Tengah. Rinciannnya 50 bus dari Pemkab/Pemkot di Jateng, serta 76 bus Pemprov Jateng dan Bank Jateng. Baca Juga: Menggapai Rindu di Kampung Halaman

Rombongan berangkat dari Museum Purna Bhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. "Kita hidupkan lagi bantuan dari kabupaten kota nyumbang, dari perusahaan nyumbang, dari Bank Jateng, BUMN, BUMD. Saya melihat wajah mereka senang. Kita berpesan agar mereka jaga diri baik-baik dan ini akan mengungkit ekonomi jadi manfaatnya besar sekali," kata Ganjar dalam keterangannya, Kamis (28/4/2022).

Ganjar mengungkapkan, tradisi silaturahmi dan berkumpul bersama keluarga, terutama saat Lebaran adalah sesuatu yang tidak bisa ditukar dengan apapun. Inilah salah satu alasan diadakannya mudik gratis ini.

"Di samping nilai religius dan spiritualitas, mereka bertemu dengan keluarga, kangen-kangenan. Menurut saya itu nilai yang tidak bisa disamakan dengan uang dan material untuk kebahagiaan yang diharapkan," ujarnya.

Sebelum melepas pemudik, Ganjar juga sempat mengecek persiapan beberapa bus. Hal ini untuk memastikan keselamatan dan keamanan pemudik.

"Busnya Alhamdulillah bagus, remnya bagus, kendaraannya sehat. Mudah-mudahan nanti berjalan aman. Kepolisian dan dinas perhubungan juga back up dengan ikut di dalamnya," tandasnya.

Tak hanya keberangkatan mudik saja yang gratis, Ganjar juga menjelaskan, pihaknya juga mengadakan program kepulangan secara gratis bagi warga yang ingin kembali ke perantauan. Rencananya program ini akan dimulai pada 7 Mei 2022 mendatang.

Salah satu pemudik tujuan Pemalang, Agus Purwanto (41) mengaku, sangat terbantu dengan mudik gratis ini. Pria yang sudah 10 tahun merantau ke Jakarta ini mengaku rindu dengan suasana mudik. Agus juga berlangganan ikut mudik gratis dari Ganjar.

"Kita senang melihat suasananya, euforianya, tradisinya, ini sangat berkesan. Karena Bank Jateng saya ikut mudik gratisnya bukan kali ini aja. Sebelumnya saya juga ikut mudik gratis bantuan dari Pak Ganjar Pranowo. Jadi suasananya yang bikin kita kangen," ungkap Agus.

Sementara itu Lia, mahasiswa asal Magelang yang kuliah di UIN Syarif Hidayatullah Tangerang Selatan mengungkapkan, mendapat informasi mudik gratis 2022 dari Instagram milik Ganjar. Dengan antusias, Lia langsung mendaftarkan diri untuk ikut dalam program ini.

"Iya baru tahun ini. Rasanya senang sekali mau ketemu sama keluarga, terus lebaran sama keluarga. Itu kan hal yang sangat dirindukan banget, apalagi setelah dua tahun ngga bisa pulang. Pasti banyak sekali yang bisa hal yang dirindukan kaya masakan ibu dan lain-lain gitu," tutur Lia.

Mudik gratis kali ini tak hanya memberangkatkan perantau dari Jakarta saja. Tetapi juga bagi perantau dari beberapa kota di Sumatera seperti Medan dan Palembang, menuju kota-kota di Jawa Tengah untuk bisa pulang ke kampung halaman.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1807 seconds (0.1#10.140)