Profil Kompol Yunita, Satu-satunya Polwan yang Jabat Wakapolres di Jakarta

Jum'at, 22 April 2022 - 06:42 WIB
loading...
Profil Kompol Yunita, Satu-satunya Polwan yang Jabat  Wakapolres di Jakarta
Wakapolres Pelabuhan Tanjung Priok, Kompol Yunita Natalia Rungkat.Foto/SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Memperingati Hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April, menjadi momen menghidupkan emansipasi kaum wanita di Indonesia. Keberanian dan ketekunan Kartini rupanya menjadi contoh bagi para wanita Indonesia hingga saat ini.

Salah satunya adalah perwira menengah polisi, Komisaris Polisi (Kompol) Yunita Natalia Rungkat. Yunita Rungkat menjadi satu-satunya wanita yang memegang jabatan sebagai Wakapolres di wilayah Polda Metro Jaya .

Yunita saat ini menjabat sebagai Wakapolres Pelabuhan Tanjung Priok. Sebagai Kartini masa kini yang menjadi orang nomor dua di Polres Pelabuhan Tanjung Priok, mendampingi Kapolres AKBP Putu Kholis Aryana, menjadi tantangan tersendiri bagi Yunita.

Wanita cantik lulusan Akademi Kepolisian tahun 2007 ini sebelumnya sempat ditugaskan di wilayah hukum Polda Jawa Tengah beberapa tahun hingga akhirnya ditugaskan di Polda Metro Jaya.

"Saat ini, Wakapolres perempuan di wilayah hukum PMJ ya hanya di Polres Pelabuhan Tanjung Priok saja. Ini merupakan tantangan terbesar yang harus saya jawab dengan memberikan kinerja terbaik," kata Yunita di Pelabuhan Tanjung Priok, Kamis (21/4/2022).

Menurut wanita kelahiran 15 Juni 1987 ini, menjadi polisi di Jakarta dan sekitarnya merupakan tantangan yang sangat besar. Apalagi kondisi Ibu Kota yang memiliki persoalan yang kompleks dan berbeda dari wilayah lain.

Akan tetapi hal ini tidak membuat dirinya menyerah. Bahkan dengan jabatan yang telah diembannya selama satu tahun ini membuat Yunita terus belajar dan menambah ilmu baru yang didapat dengan membina anggota yang banyak.

"Saya harus belajar dalam hal pembinaan, yang tadinya saya tidak tahu bagaimana berjalannya sidang disiplin, sidang kode etik, bagaimana mengurus keuangan, kelengkapan administrasi, sebelumnya saya lebih banyak di operasional," ucapnya.

Ingin Menjadi Kartini Masa Kini

Yunita memang layak disebut sebagai Kartini masa kini. Selain memimpin anggota di Mapolres Pelabuhan Tanjung Priok dia juga harus menjadi seorang ibu sekaligus istri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2460 seconds (0.1#10.140)