Jelang Mudik Lebaran 2022, Vaksin Malam di Cikarang Diserbu Warga

Selasa, 19 April 2022 - 12:44 WIB
loading...
Jelang Mudik Lebaran 2022, Vaksin Malam di Cikarang Diserbu Warga
Menjelang mudik lebaran, warga menyerbu vaksinasi malam di Distrik I dan II, Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi. Foto/Istimewa
A A A
BEKASI - Menjelang mudik lebaran, warga menyerbu vaksinasi malam yang digelar di Distrik I dan II, Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi, Senin 18 April 2022. Vaksin dilakukan warga agar mereka bisa pulang ke kampung halaman pada Idul Fitri tahun ini.

Vaksinasi malam ini digelar untuk memfasilitasi warga yang tidak memiliki waktu pada siang hari lantaran bekerja. Vaksin malam pun disiapkan agar tidak mengganggu warga yang menjalankan ibadah puasa.

Meski tidak membatalkan puasa, vaksin memiliki efek lanjutan seperti pegal yang dikhawatirkan mengganggu ibadah kaum muslim. Vaksinasi ini diinisiasi oleh pihak kepolisian bersama pengelola kawasan.

Kapolsek Cikarang Selatan, Komisaris Satirin mengatakan, vaksinasi ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi mereka yang hendak pulang ke kampung halaman. Maka dari itu, vaksin menjadi syarat wajib pada musim mudik kali ini.

”Jadi mudik aman, mudik sehat, jadi mereka yang mudik keluar daerah aman dan sehat,” ucap Satirin, Selasa (19/4/2022).

Vaksinasi malam ini digelar sejak 14 April lalu hingga 24 April mendatang. Vaksin digelar setiap hari mulai pukul 5 sore hingga 9 malam dengan jenis vaksin AstraZeneca. Warga yang hendak vaksin tinggal datang mengisi formulir secara online untuk mendaftarkan diri ke panitia. Setelah formular diisi dan dikirimkan, warga di lokasi akan mendapatkan nomor antrian dan menunggu urutan untuk divaksin.

”Sebelum vaksin akan dilakukan skrining terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi peserta. Jika dinilai baik dan cukup prima mendapatkan vaksin, vaksin baru disuntikkan. Sejauh ini tidak ada yang terkendala, artinya semua cukup prima saat mendapatkan vaksin,” ucapnya.

Head of Public Relations PT Lippo Cikarang Tbk, Jeffrey Rawis mengatakan, hingga kini pihaknya telah melaksanakan vaksinasi hingga mencapai 10.000 dosis. Vaksin dilakukan secara teratur sejak dosis pertama hingga booster.

“Semua ini dilakukan dengan harapan memutuskan rantai penularan Covid-19 dan meningkatkan imunitas tubuh dalam melawan virus corona. Maka kami bekerja sama dengan kepolisian, pemerintah daerah maupun pusat untuk menyelenggarakan vaksin malam,” katanya.

Untuk memaksimalkan pelayanan vaksin, para tenaga medis dari berbagai rumah sakit turut serta dalam vaksinasi ini. Mereka bersiaga melayani warga yang datang untuk mendapatkan vaksin.

“Prinsipnya agar tidak menunggu terlalu lama dan yang divaksin bisa banyak jadi berbagai rumah sakit di sekitar turut menugaskan tenaga medisnya untuk membantu. Ini terus kami lakukan juga agar warga bisa pulang kampung di lebaran ini,” tegasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2316 seconds (0.1#10.140)