Ahok ngotot pindahkan PRJ ke Monas

Rabu, 05 Juni 2013 - 16:51 WIB
Ahok ngotot pindahkan PRJ ke Monas
Ahok ngotot pindahkan PRJ ke Monas
A A A
Sindonews.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama bersikeras untuk memindahkan penyelenggaraan Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair keluar gedung JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Cara tersebut, dilakukan Ahok, panggilan Basuki Tjahaja Purnama untuk mempermudah masyarakat Jakarta menikmati suguhan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) kota Jakarta.

"Yang pasti, JIExpo itu bukan pemegang hak paten untuk menyelenggarakan Jakarta Fair. Berarti Pemprov DKI berhak saja membuat acara di luar sana," kata Ahok di Balai Kota Jakarta, Rabu (5/6/)

Namun demikian, mantan Bupati Belitung Timur ini akan terlebih dahulu mempelajari soal Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur sistem penyelenggaraan Jakarta Fair.

Untuk diketahui, dalam sejarahnya, PRJ dilaksanakan selama satu pekan atau selama 7 hari. Namun, saat berganti nama menjadi Jakarta Fair, gelaran tersebut dilaksanakan sampai satu bulan penuh.

Selain itu, lanjut Ahok, pihaknya juga akan mempelajari kemungkinan perhelatan Jakarta Fair bisa dilakukan lebih dari satu manajamen.
Selama ini, Jakarta Fair dikendalikan oleh satu perusahan PT JIExpo milik pengusaha sukses asal Cina, Murdaya Poo.

"Kita masih harus mempelajari Perda-nya. Itu kan daerah yang dikuasai oleh mereka. Kalau kita mau pakai tempat lain kan boleh sekadar pameran atau mereka tetap pameran di sana, mereka mau menggunakan Jakarta Fair, silakan saja. Kalau untuk HUT DKI, kita mau bikin Pekan Raya Jakarta sendiri boleh dong?" Ujarnya.

Jika akhirnya Pemerintah DKI Jakarta berhasil mengambil alih perhelatan PRJ, maka menurut Ahok, pihaknya lebih leluasa untuk menentukan pihak penyelenggara melalui lelang investasi atau beauty contest.

Pihak penyelenggara juga harus bersedia untuk membagi hasil keuntungan kepada Pemprov DKI.

"Kita bisa bikin beauty contest, seperti penyelenggaraan Festival Flora Fauna. Jadi siapa yang berani buat acara, kita akan pelajari acaranya seperti apa. Terus dia harus sumbang sekian miliar misalnya kepada kita. Atau ada yang mengajak kita bagi hasil dari total income Jakarta Fair. Misalnya total omzet, dia mau bagi ke kita berapa," tuturnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta berencana untuk memindahkan perhelatan PRJ dari JIExpo Kemayoran ke kawasan Monumen Nasional (Monas). Upaya tersebut dilakukan untuk memberi peluang semua kalangan agar mendapatkan fasilitas yang sama saat perayaan HUT Provinsi DKI Jakarta.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8356 seconds (0.1#10.140)