Kanwil Kumham DKI Jadikan Universitas Muhammadiyah Jakarta Mitra Strategis

Kamis, 14 April 2022 - 21:26 WIB
loading...
Kanwil Kumham DKI Jadikan Universitas Muhammadiyah Jakarta Mitra Strategis
Kepala Kanwil Kumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun menandatangani Perjanjian Kerjasama di Bidang Pelayanan Hukum dan HAM antara Kanwil Kumham DKI dengan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Kamis (14/4/2022). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM (Kanwil Kumham) DKI Jakarta Ibnu Chuldun menghadiri dan menandatangani Perjanjian Kerjasama di Bidang Pelayanan Hukum dan HAM antara Kanwil Kumham DKI dengan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) , Kamis (14/4/2022).

Kanwil Kumham DKI mempunyai tugas dan fungsi yang sangat besar dalam pembentukan, pelayanan dan penguatan hukum. Tugas yang besar tersebut tidak akan berjaan efektif tanpa dukungan dari perguruan tinggi khususnya Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Baca juga: Kanwil Kemenkumham DKI Deklarasikan Komitmen Humanis di Lapas

Menurut Ibnu, UMJ telah banyak melahirkan ahli hukum yang memberikan warna dalam perjalanan Kementerian Hukum dan HAM. “UMJ ini bukan tempat baru bagi saya, karena saya sering mengantar Prof Yusril Ihza Mahendra (Mantan Menteri Hukum dan HAM) ketika mengajar di UMJ,” ujarnya, Kamis (14/4/2022).

Dia berharap kerja sama ke depan bukan hanya di bidang pelayanan hukum dan HAM, tapi bisa juga kerja sama di bidang Imigrasi atau Pemasyarakatan. “Silakan kalau UMJ membutuhan mahasiswa untuk penelitian di Lapas/Rutan atau kantor Imigrasi, kita akan bantu,” katanya.

“Perjanjian kerja sama ini sebagai langkah deklaratif dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat,” sambung Dekan Fakultas Hukum UMJ Dewi Putri Cahayawati.

UMJ khususnya Fakultas Hukum sangat peduli dan fokus membantu pembentukan, pembinaan dan penegakan hukum khususnya di Jakarta. “Perjanjian ini sudah dirancang lama antara Kementerian Hukum dan HAM dan UMJ salah satu kesepakatan penting yang dihasilkan di antaranya peningkatan kapasitas sumber daya manusia pengajar maupun mahasiswa UMJ sendiri,” ujar Dewi Putri.
Baca juga: Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Deklarasikan Janji Kinerja 2022

Dia berharap kerja sama ini semakin memberi ruang kerja sama yang saling mengisi dan memberi kontribusi baik untuk bangsa dan negara.

Penandatanganan kerja sama disaksikan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kumham DKI Jakarta Ronald Lumbuun dan Ketua Studi Bidang Hukum UMJ Aby Maulana.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan kuliah umum bertema “Peran Strategis Kantor Wilayah Hukum dan HAM DKI Jakarta Mendukung dan Mensukseskan Tahun Hak Cipta 2022 Sebagai Proses Pemulihan Ekonomi Nasional” yang disampaikan oleh Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kumham DKI Ronald Lumbuun. Acara ini juga direlay melalui YouTube dan aplikasi zoom meeting serta ikuti seluruh mahasiswa Hukum UMJ.
(jon)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1407 seconds (10.55#12.26)