Hindari Macet Bulan Puasa, Bule Rusia Ini Mudik Duluan ke Kudus

Selasa, 22 Maret 2022 - 14:39 WIB
loading...
Hindari Macet Bulan Puasa, Bule Rusia Ini Mudik Duluan ke Kudus
Layla wanita kelahiran Rusia ini memilih mudik duluan ke Kudus Jawa Tengah menghindari kemacetan. Foto/MPI/Bachtiar Rojab
A A A
JAKARTA - Dua pekan menjelang bulan Ramadhan, beberapa warga sudah ada yang pulang mudik menghindari adanya larangan mudik nantinya. Sebab, Kementerian Perhubungan menyatakan belum ada keputusan final terkait kebijakan mudik lebaran tahun ini.

Demikian halnya dengan aturan terkait angkutan mudik juga masih dibahas pemerintah dengan para pemangku kepentingan terkait. Meski demikian, sudah banyak warga yang sengaja pulang dari saat ini.

Salah seorang pemudik, Layla menyatakan, ia memilih pulang kampung ke Kudus Jawa Tengah sedari sekarang menggunakan bus di Terminal Grogol Jakarta Barat guna mengantisipasi kemacetan saat bulan puasa nanti.

”Takutnya, nanti deket-deket bulan puasa macet, jadi sekarang aja,” ujar Layla wanita kelahiran Rusia berkebangsaan Indonesia kepada SINDOnews di Terminal Grogol, Jakarta Barat, Selasa (22/3/2022).

Menurut pantauan di lapangan, meski mendekati bulan suci ramadhan, keadaan Terminal Grogol terlihat belum menemukan titik keramaian. Terlihat, hanya beberapa pengunjung saja yang datang.Kebanyakan dari mereka, pergi ke daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur seperti ke daerah Kudus, Purworejo, Solo hingga Surabaya.

Menurut Robbi (59) yang merupakan salah satu agen Bus, kedatangan penumpang pada hari ini terpantau stabil. Menurutnya, sama seperti hari biasa, 75 hingga 80 kendaraan datang mengantarkan pemudik ke Terminal Grogol.

”Normal saja, sama kaya biasanya, 75 sampai 80 kendaraan mobil yang masuk, mereka mengantarkan keluarganya biasanya. Total kira-kira 250an perhari yang berangkat,” ujar Robbi.

Robbi menjelaskan, kenaikan volume pemudik akan terlihat beberapa hari menjelang lebaran. Menurutnya para penumpang Bus bisa naik dua hingga tiga kali lipat. ”Biasanya naik tuh sampai tiga kali lipat, kita juga terkadang menambah amunisi Bus,” Jelasnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, Kemenhub belum merumuskan soal aturan mudik atau turunan aturannya di tengah adanya pelonggaran PPKM. Menurut dia, pembahasan masih dilakukan lintas Kementerian dan Lembaga (K/L).

”Keputusan mengenai mudik di masa pandemi ini dibahas secara lintas sektoral melibatkan Kemenkes, Satgas penanganan Covid-19, Kemendagri, TNI Polri dan K/L terkait. Jadim belum diputuskan,” ujarnya, Selasa (22/3/2022).

Dari aspek kesiapan transportasi, lanjut Adita, Kemenhub saat ini juga terus melakukan penguatan sarana dan prasarana transportasi untuk mengantisipasi lonjakan mobilitas masyarakat.“Kami tentu bersiap dan terus melakukan penguatan sarana dan prasarana transportasi untuk mengantisipasi lonjakan pergerakan masyarakat,” tandasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2178 seconds (0.1#10.140)