Asal Usul Kelapa Gading, Dulu Sawah dan Rawa-Rawa Sekarang Kawasan Tersohor di Jakut

Senin, 21 Maret 2022 - 17:15 WIB
loading...
Asal Usul Kelapa Gading, Dulu Sawah dan Rawa-Rawa Sekarang Kawasan Tersohor di Jakut
Kelapa Gading telah menjelma sebagai kawasan elite di Jakarta Utara. Foto: summareconkelapagading.com
A A A
JAKARTA - Asal usul Kelapa Gading ternyata dulunya persawahan dan rawa-rawa yang sering kebanjiran. Sekarang Kelapa Gading telah menjelma sebagai kawasan elite di Jakarta Utara.

Kelapa Gading merupakan sebuah kecamatan yang berada di Jakarta Utara. Kelapa Gading dikenal kawasan tersohor karena di sana terdapat perumahan hingga apartemen mewah.
Baca juga: Asal Usul Rawa Belong dan Kisah Kedermawanan Bang Balong

Kawasan tersebut juga dilengkapi beragam fasilitas, mulai dari pusat perbelanjaan, sarana pendidikan, hingga rumah sakit. Saking lengkapnya kota ini membuat Pemkot Jakarta Utara berkeinginan menjadikan Kelapa Gading seperti Singapura.

Sebelum maju pesat seperti sekarang, Kelapa Gading hanyalah daerah persawahan dan rawa-rawa. Ini disebabkan daerah Kelapa Gading merupakan dataran rendah.

Pada tahun 1975, kawasan ini mulai dikembangkan PT Summarecon Luhur Tbk. Kini, Kelapa Gading telah menjadi ikon di wilayah Jakarta Utara.

Dalam buku yang ditulis Zaenuddin HM berjudul 212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe, dijelaskan mengenai penamaan Kelapa Gading. Konon, nama Kelapa Gading diambil dari nama pohon yang tumbuh di daerah itu, terutama varietas Kelapa Gading.
Baca juga: Asal Usul Harmoni, Tempat Pesta Kaum Sosialita dan Bangsawan Belanda

Ciri-ciri pohon dengan nama latin Cocos Nucifera Var Ebunea itu yakni tidak terlalu tinggi, batangnya sedang, sementara buahnya berwarna kuning gading dengan ukuran relatif kecil. Jenis pohon tersebut umumnya tumbuh di rawa-rawa dan kebun warga.

Karena pohon Kelapa Gading banyak ditemukan di wilayah tersebut lama-kelamaan kawasan itu dinamakan Kelapa Gading. Hingga saat ini, pohon yang menjadi ciri khas kawasan Kelapa Gading tetap dipertahankan. Di pinggir-pinggir jalan raya kawasan elite itu masih terdapat pohon Kelapa Gading yang tumbuh dengan subur.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1803 seconds (0.1#10.140)