Tanam Pohon di Ciliwung, Wagub DKI Klaim DAS Kian Membaik dan Asri

Sabtu, 12 Maret 2022 - 14:12 WIB
loading...
Tanam Pohon di Ciliwung, Wagub DKI Klaim DAS Kian Membaik dan Asri
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria melakukan penanaman pohon di Sungai Ciliwung, Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (12/3/2022). Foto: MPI/M Refi Sandi
A A A
JAKARTA - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengklaim daerah aliran sungai (DAS) Ciliwung saat ini kondisinya semakin baik, asri, dan bersih. Hal itu disampaikan saat sambutan acara penghijauan di Padepokan Ciliwung, Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur.

"Lingkungan DAS Ciliwung semakin baik, semakin asri dan bersih," kata Ariza dalam sambutan di lokasi, Sabtu (12/3/2022).

Ariza menyebut, Ciliwung sejak 5.000 tahun yang lalu telah menjadi sumber kehidupan orang Betawi. Sebab, sungai Ciliwung dahulu menjadi salah satu akses menuju ke daratan.

"Kita kalau bicara Ciliwung banyak sejarahnya, menurut para sejarawan dulu sejak 5.000 tahun yang lalu Ciliwung sudah menjadi sumber kehidupan dari pada warga Betawi. Dari zaman dahulu ya. Orang dulu biasanya masuk dari laut lalu melalui sungai sampai lah di daratan," ujarnya.



Lebih lanjut, Ariza menyebut, Sungai Ciliwung yang memiliki panjang kurang lebih 120 kilometer memiliki ekosistem tersendiri.

"Dengan begitu Ciliwung mempunyai ekosistem tersendiri sebagai aliran air yang panjang nya 120 kilo kurang lebih. Mengalir dari hulu ke hilir," tuturnya.

Diketahui, Ariza juga melakukan aksi penanaman pohon di Padepokan Ciliwung sebagai langkah penghijauan di sekitar DAS.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2484 seconds (0.1#10.140)