Tanam 1.000 Pohon di Bantaran Ciliwung, PDIP Jaksel Pastikan Cinta Ciliwung Bersih Berkelanjutan

Senin, 11 Januari 2021 - 21:40 WIB
loading...
Tanam 1.000 Pohon di Bantaran Ciliwung, PDIP Jaksel Pastikan Cinta Ciliwung Bersih Berkelanjutan
DPC PDI Perjuangan Jakarta Selatan menggelar penanaman pohon dan membersihkan daerah aliran sungai (DAS) Ciliwung di Jakarta Selatan, Minggu (10/1/2021). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - DPC PDI Perjuangan Jakarta Selatan menggelar penanaman pohon dan membersihkan daerah aliran sungai (DAS) Ciliwung di Jakarta Selatan, Minggu 10 Januari 2021. Program Ciliwung bersih dipastikan akan berkelanjutan.

Ketua DPC PDI Perjuangan Jakarta Selatan Yuke Yurike mengatakan, bertepatan dengan Hari Sejuta Pohon Sedunia dan juga Hari Ulang Tahun PDI Perjuangan yang jatuh pada Minggu 10 Januari 2021, pihaknya menanam lebih dari 1.000 pohon dan membersihkan aliran sungai Ciliwung yang melintas di Jakarta Selatan. Termasuk pelepasan 10 ribu ikan seperti Nila, Mujaer, Lele, dan sebagainya.

Acara penanaman pohon, pembersihan sungai dan pelepasan ikan itu turut dihadiri 25 anggota DPRD dari Fraksi PDI Perjuangan dan Ketua DPP PDI Perjuangan Ribka Tjiptaning. (Baca juga: DPC PDIP Depok Tanam Ribuan Pohon Produktif di DAS Ciliwung)

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT PDI Perjuangan bertema "Indonesia Berkepribadian Dalam Kebudayaan" dengan subtema "Cinta Ciliwung Bersih".

"Kami berkolaborasi dengan masyarakat untuk menjaga pentingnya ekosistem alam. Saya juga minta satgas Cinta Ciliwung Bersih untuk mengawal dan membantu memelihara pohon dan kebersihan sungai," ujar Yuke melalui siaran tertulisnya, Senin (11/1/2021).

Dia menjelaskan, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sangat peduli dengan ekosistem alam. Megawati mengimbau seluruh kadernya untuk berbuat dan melakukan penanaman maupun bersih-bersih di sepanjang aliran sungai Ciliwung dengan melibatkan masyarakat mulai dari titik nol atau hulu di Kabupaten Bogor hingga hilir di utara Jakarta.

Dalam kegiatan penanaman pohon dan membersihkan sungai, PDI Perjuangan membentuk Satgas Cinta Ciliwung di wilayah-wilayah yang dialiri Sungai Ciliwung. Tujuannya membantu , bersinergi, berkolaborasi dengan masyarakat , komunitas pencinta Ciliwung , pencinta alam, organisasi, pemerintah untuk memperbaiki dan membenahi lingkungan di sekitar aliran Ciliwung.

"Selain penanaman dan bersih-bersih di sekitar Ciliwung, ada juga kegiatan seperti memperbaiki sanitasi, dermaga kecil, perpustakaan komunitas, dan sebagainya,. Kami sangat berterima kasih kepada masyarakat yang ikut andil dalam menjaga ekosistem alam," ungkap Yuke. (Baca juga: Bersama Risma, Putra Nababan Tanam Pohon di Tepi Ciliwung)

Sementara itu, Megawati yang memberikan pengarahan melalui video di Instagram PDI Perjuangan berharap agar setiap daerah, seluruh kader struktural partai, eksekutif partai dan legislatif partai juga melakukan hal yang sama.

Dia meminta kader memilih sungai di setiap daerahnya. Hijaukan sungai tersebut dari hulu ke hilir. Dengan penghijauan maka mata air akan dapat dijaga dan diselamatkan.

"Mata air itu bukanlah sekadar mata air. Dia adalah sumber kehidupan. Dari sungai mengalirlah air kehidupan yang sangat berguna bagi manusia khususnya bagi pertanian, perikanan, juga kehidupan flora dan fauna yang ada di dunia ini dan juga sepanjang aliran sungai tersebut," ujarnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2703 seconds (0.1#10.140)