Profil AKP Winam Agus, Katim Patroli Perintis Presisi Polres Depok Pemberantas Begal Jalanan

Sabtu, 12 Maret 2022 - 09:55 WIB
loading...
Profil AKP Winam Agus, Katim Patroli Perintis Presisi Polres Depok Pemberantas Begal Jalanan
AKP Winam Agus, Katim Patroli Perintis Presisi Polres Depok. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Peristiwa pemalakan kerap dialami oleh pedagang . Biasanya pemalak berdalih uang yang dikutip itu sebagai uang keamanan karena si pedagang berjualan di wilayah kekuasan si pemalak.

Komedian Ucok Baba pernah mengalami pemalakan ketika membuka kafe miliknya di daerah Depok, Jawa Barat. Pelaku pemalakan berhasil diringkus pada 9 Agustus 2021 oleh AKP Winam Agus (yang saat itu masih berpangkat Iptu) bersama Tim Jaguar Polres Metro Depok.

Tim Jaguar terdiri dari 16 orang yang dibagi dalam tiga regu. Satu regu terdiri dari lima anggota. Winam Agus merupakan Kepala Tim Jaguar Polres Depok yang sudah tujuh tahun mengomandoi tim tersebut.

Winam lahir pada 16 Agustus 1967 di Jombang. Ia merupakan lulusan dari Sekolah Elite Perwira tahun 2013. Selama menjadi Ketua Tim Jaguar, ia sering wara-wiri di televisi karena memberikan pernyataan mengenai kasus-kasus yang sedang didalaminya. Ia adalah sosok tegas namun humanis.

Sejak awal pembentukan Tim Jaguar, ia sudah dipilih menjadi ketua tim dan tak menyangka kalau timnya itu akan terkenal. Sejumlah kasus kriminal pun berhasil dipecahkan oleh Winam dan Tim Jaguar. Di antaranya ialah saat mengamankan remaja yang membawa senjata tajam di Jalan Raya Bogor, Cimanggis, Depok. Selain itu, ia juga menangai penangkapan begal dan geng motor kriminal hingga kasus pemalakan Ucok Baba.

Tidak hanya itu, AKP Winam dan tim juga sempat menggulung kawanan begal yang masih berusia belasan tahun di Depok. Tiga begl yang masih berusia belasan tahun itu diringkus Tim Jaguar Polres Depok pada 11 Maret 2021 dini hari sekitar pukul 02.00 WIB di wilayah Cipayung, Pancoran Mas, Kota Depok.



Penangkapan ini diawali saat timnya melakukan patrol dan menemui para pelaku yang sedang berboncengan motor dengan gerak-gerik yang mencurigakan. Bahkan saat didekati, para Anak Baru Gede (ABG) itu tampak menghindar dan sempat terjadi kejar-kejaran hingga akhirnya tertangkap.

“Kami kejar dan berhasil kami hentikan dengan cara dipepet dan mereka sempat terjatuh,” ujarnya, Kamis 11 Maret 2021.

Mengutip YouTube Depok Bercerita, Winam menceritakan jejak kariernya dalam dunia kepolisian. Jabatan awalnya ialah menjadi Kepala Unit Kanit Dalmas Pengendalian Massa, namun ia juga Tim Patroli Perintis Presisi yang dibentuk Kapolda Metro Jaya. Tim Jaguar yang dulu dipimpinnya itu kini berganti menjadi Tim Patroli Perintis Presisi.

Hal ini mengikuti kebijakan pimpinan yang tidak memperbolehkan adanya beberapa tim di Jakarta, sehingga tim-tim tersebut disatukan menjadi satu dengan nama Tim Patroli Perintis Presisi. Saat dilakukan perubahan, para anggota tim dibekali banyak pelatihan selama dua minggu. Misalnya, pelatihan menaiki sepeda motor, pelatihan bela diri, dan pelatihan menembak.

Tim ini berprinsip pada tindakan preventif atau pencegahan, di samping juga hadir pada wilayah kosong yang tidak ada polisinya saat siang dan malam. Tim ini melakukan pemeriksaan terjun langsung ke setiap perkumpulan atau kerap disebut blusukan. Melalui akun Instagram pribadinya @winamagus, AKP Winam Agus sering membagikan postingan foto saat sedang bertugas. Di akunnya tersebut, ia memiliki 94 ribu pengikut.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1746 seconds (0.1#10.140)