Profil Irjen Pol Nana Sudjana, Mantan Kapolda Metro Jaya yang Ahli Dunia Intelijen

Kamis, 10 Maret 2022 - 08:53 WIB
loading...
Profil Irjen Pol Nana Sudjana, Mantan Kapolda Metro Jaya yang Ahli Dunia Intelijen
Irjen Pol Nana Sujana merupakan perwira tinggi Polri yang kini menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Selatan. Sebelumnya merupakan Kapolda Metro Jaya. Foto: Dok/Okezone
A A A
JAKARTA - Irjen Pol Nana Sudjana merupakan perwira tinggi Polri yang kini menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Selatan. Sebelumnya, Nana merupakan Kapolda Metro Jaya yang menggantikan Irjen Gatot Eddy Pramono yang dipercaya menjadi Wakapolri dengan pangkat bintang tiga atau Komisaris Jenderal (Komjen).

Nana merupakan pria kelahiran 26 Maret 1965. Irjen Nana juga merupakan jebolan Akademi Polisi (Akpol) 1988 dan mempunyai keahlian di bidang intel. Baca Juga: Irjen Pol Nana Sudjana Disebut Berpengalaman Tangani Jakarta
Sejak 31 Oktober 2021, Nana merupakan perwira tinggi Polri dan berbintang dua. Pada 16 November 2020, pria berusia 56 tahun ini menjabat sebagai coordinator Staf Ahli Kapolri hingga 24 Februari 2021. Sedangkan posisi Nana di Polda Metro Jaya diisi oleh lrjen PolMuhammad Fadil Imran.

Saat menjabat Kapolda Metro Jaya pada 2019, Irjen Pol Nana Sujana dianggap mumpuni menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat Jakarta. Bahkan, Nana juga dianggap tidak asing untuk menjadi Kapolda Metro Jaya lantaran pria kelahiran Cirebon, Jawa Barat, ini sudah berpengalaman dalam menjaga keamanan Ibu Kota Jakarta.

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengatakan, Irjen Pol Nana dinilai sebagai sosok yang tepat untuk menduduki posisi strategis selaku pimpinan di satuan kepolisian Ibu Kota dengan berbagai pengalaman di Polda Metro pada saat era reformasi.



"Irjen Nana ini sangat berperan penting dalam mengawal ibu kota sejak zaman reformasi, pasca reformasi, hingga kabinet kerja. Wajar jika namanya kurang popular karena memang dia lebih banyak bekerja di balik layar," kata Sahroni dalam keterangan tertulisnya, Rabu 25 Desember 2019.

Sahroni meyakini, pengalaman Irjen Pol Nana yang beragam di Polda Metro Jaya membuat sosoknya mampu menangani berbagai tantangan keamanan di Ibu Kota. Hal ini tidak lepas dari jabatan Irjen Pol Nana sebelumnya, yakni sebagai Kepala Satuan Intel dan Keamanan (Kasatintelkam) pada era reformasi, dan Direktur Intelkam pada era pascareformasi. Keduanya dijabat Nana kala bertugas di Polda Metro Jaya.

"Selain itu, Irjen Pol Nana juga pernah menjabat sebagai Direktur Politik dan Keamanan pada Badan Intelijen dan Keamanan Kepolisian (BIK). Jadi memang beliau ini sudah sangat matang di lapangan. Beliau juga dikenal bertangan dingin mampu berkomunikasi dengan segenap elemen secara luwes," urai Sahroni.Baca Juga: Gubernur NTB Sebut Irjen Nana Sudjana Sosok Tepat Jadi Kapolda Metro
Berikut perjalanan karier Irjen Pol Nana Sujana:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1606 seconds (0.1#10.140)